Sempat Kuliah di Kampus Muhammadiyah, Begini Kisah Cinta Jokowi dan Iriana
Jokowi dan Iriana (setkab.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai seorang Presiden, kisah cinta yang meliputi Joko Widodo dan Iriana tak luput dari sorotan. Kisah cinta Jokowi dan Iriana menarik untuk diceritakan lantaran pertemuan keduanya cukup unik dan mampu membuat bibir tersungging senyum.

Presiden Jokowi sendiri telah beberapa kali menyampaikan kisah pertemuannya dengan sang istri dalam berbagai kesempatan. Salah satu momen tersebut adalah saat berbincang dengan pasangan selebritis Baim Wong dan Paula Verhoeven yang kemudian diunggah di kanal Youtube Baim pada 17 Maret silam.

Kisah Cinta Jokowi dan Iriana Si Teman Adiknya

Dalam ceritanya, Jokowi mengaku bahwa Iriana adalah teman dari adiknya yang sering belajar di rumah.

"Ibu ini kan sama adik saya sering belajar di rumah, sering ke rumah. Iya (ibu) teman adik (saya)," tutur Jokowi.

Saat kesempatan itu, Jokowi mengaku mengintip Iriana dari balik pintu yang tertutup gorden. Iriana pun tak menampik bahwa dirinya tahu bahwa ada seseorang yang tengah mengawasinya.

"Tahu, saling intip," kata Iriana.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengaku bahwa kencan pertama yang mereka jalani adalah dengan mengajaknya makan bakso. Meski sederhana, Iriana dengan senang hati menerima ajakan Jokowi.

"Makanan paling murah lah, saya ajak mau, wah kalau ini dapet. Setelah bakso itu, dua minggu saya ajak sepedaan, yang kedua mau lagi, wah udah ini dapet," kata Jokowi sambil berkelakar.

Iriana Sempat Kuliah di Universitas Muhammadiyah

Jokowi pada akhirnya melamar Iriana beberapa tahun setelah kencan pertama mereka. Saat itu Iriana disebut tengah menempuh perkuliahan di sebuah universitas swasta yang dikelola Muhammadiyah.

"Supaya tahu saja Bu Jokowi juga kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, tapi baru semester enam sudah saya ajak kawin," kata Jokowi saat meresmikan Masjid Kampus Ki Bagus Hadikusumo di Stikes Muhammadiyah Lamongan, Kabupaten Lamongan, dikutip dari Antara.

Pascamenikah, Jokowi yang baru saja kuliah dari Ilmu Kehutanan UGM lalu memboyong Iriana ke Aceh karena mendapat pekerjaan di sana. Keduanya sempat tinggal di sebuah rumah panggung yang ada di kawasan Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Iriana mengandung putra pertama mereka, Gibran Rakabuming Raka, juga di Provinsi Aceh. Mereka tinggal di rumah panggung dari tahun 1986 hingga 1989. Keluarga Jokowi memutuskan kembali ke Solo sebelum melahirkan Gibran.

Selain terkait kisah cinta Jokowi dan Iriana, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.