Ganjar Pranowo Siapkan Vaksinasi COVID-19 Malam Hari saat Ramadan
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan skenario pelaksanaan suntik vaksin COVID-19 pada malam hari saat ramadan.

"Dinkes lagi saya minta untuk menyiapkan skenario vaksinasi malam hari atau setelah buka puasa," kata Ganjar di Semarang dikutip Antara, Rabu, 7 April.

Menurut Ganjar, skenario vaksinasi COVID-19 malam hari itu juga disiapkan di 35 kabupaten/kota di Jateng, namun pelaksanaanya tetap bergantung dengan jumlah vaksin yang tersedia.

Menurutnya akan ada golongan lansia tertentu yang ingin melakukan vaksinasinya setelah berbuka puasa atau malam hari.

"Rencananya begitu, jadi setiap kabupaten/kota iya, cuma itu tadi, kita masih bergantung banget sama (jumlah) vaksinnya," ujar Ganjar.

Di sisi lain, lanjut Ganjar, skenario vaksinasi malam hari disiapkan agar target vaksinasi terhadap lansia tetap bisa tercapai.

"Lagi kami desain karena kami khawatir saja, umpama yang kasepuhan gitu ya dia gak mau disuntik siang, kan sayang nanti target kita untuk lansia gak tercapai," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Jateng menyiapkan sejumlah skenario untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada ramadan.

Dengan demikian, vaksinasi COVID-19 tidak hanya dilaksanakan pagi hingga sore, tapi juga malam hari.

"Ada yang siang dan malam karena ada yang bisa menerima divaksin siang. Kami buat skenario vaksin malam, tapi teknisnya teman-teman di dinkes menyiapkan," ujarnya.

Terkait dengan proses vaksinasi di Jateng, Ganjar mengatakan semua berjalan lancar dan intinya siap melaksanakan vaksinasi selama jatah vaksin aman.