Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan tidak ada kader partainya yang menduduki jabatan di Kabinet Merah Putih bentukan Presiden Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Hasto saat disinggung posisi partai berlambang banteng tersebut di masa pemerintahan Prabowo. Meski begitu, dia bilang PDIP siap memberikan dukungan terhadap kebijakan yang sesuai dengan perintah konstitusi.

“Dalam susunan kabinet sudah sangat jelas bahwa tidak ada kader PDIP yang menjadi menteri dalam jajaran Kabinet Merah Putih tapi bagi kepentingan bangsa dan negara kami kedepankan suatu perjuangan. Misalnya mewujudkan kedaulatan pangan yang juga diperjuangkan oleh Pak Prabowo,”kata Hasto seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin malam, 28 Oktober.

Selain itu, ada juga kebijakan lainnya yang didukung oleh PDIP. Misalnya, sambung Hasto, adalah terkait kepemimpinan Indonesia di tengah ketegangan wilayah Timur Tengah.

“Itu semua akan kami dukung sebagai kebijakan politik negara. Kedaulatan keuangan, kedaulatan bidang energi, tata kelola kekayaan alam kita untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Itu kan perintah konstitusi,” tegasnya.

Eks anggota DPR itu menekankan sudah waktunya bagi semua pihak mengedepankan energi positif. Terutama untuk membangun bangsa dan negara.

Tapi, di sisi lain, PDIP tak akan lupa dengan pelanggaran konstitusi yang sudah terjadi. “Mari kita kedepankan energi positif kita,” ungkap Hasto.

“Terkecuali bagi mereka yang di masa lalu dalam proses melanggar konstitusi. PDIP tetap memberikan catatan kritis terhadap orang yang (memiliki, red) ambisi kekuasaan,” pungkasnya.