Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil sigi soal dukungan masyarakat kepada pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta.

LSI juga menyorot dukungan dari basis anggota maupun pendukung The Jakmania atau suporter Persija Jakarta. Dari total responden, sebanyak 23,2 persen merupakan Jakmania.

Hasilnya, 50,5 persen Jakmania mendukung Pramono Anung-Rano Karno, 33,2 persen memilih Ridwan Kamil-Suswono, dan 5,5 persen mendukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

"Siapakah yang paling banyak didukung Jakmania? di kalangan anggota atau pendukung Jakmania memang cenderung lebih banyak mendukung Pram-Rano," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam pemaparan survei virtual, Rabu, 23 Oktober.

Sementara itu, pada basis warga yang bukan merupakan anggota maupun pendukung Jakmania, pilihan kepada Pramono-Rano sebesar 39,6 persen, RK-Suswono 38,9 persen, dan Dharma-Kun 7,6 persen.

"Jadi, dukungan Jakmania bisa kita simpulkan membuat Pram-Rano cenderung lebih unggul sekarang, meskipun masih tipis ataupun belum signifikan," tutur dia.

Secara keseluruhan, elektabilitas Pramono-Rano tercatat sebesar 41,6 persen, kemudian Ridwan Kamil-Suswono 37,4 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana 6,6 persen.

Djayadi menguraikan, kemungkinan besar Pilkada 2024 digelar dalam dua putaran. Mengingat, masih ada 14,4 persen responden yang belum menentukan pilihan.

“Ada kemungkinan Pramono-Rano terus naik dan Ridwan-Suwono bisa turun. Atau bisa juga rebound Ridwan-Suswono naik maka kemungkinan dua putaran sangat mungkin,” jelas Djayadi.

Survei ini digelar pada tanggal 10-17 Oktober 2024. Survei dilakukan kepada 1.200 responden warga Jakarta dengan wawancara tatap muka. Sampel diambil menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.