Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis jajak pendapat mengenai efek dukungan Anies Baswedan pada elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Hasilnya, baik pasangan Ridwan Kamil-Suswono maupun Pramono Anung-Rano Karno sama-sama membutuhkan dukungan Anies agar warga yang mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu bisa ikut memilih RK-Suswono ataupun Pramono-Rano.

"Pengaruh Anies menjadi penting signifikan bagi Pramono-Rano maupun Ridwan Kamil-Suswono," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam pemaparan survei virtual, Kamis, 18 September.

Dalam simulasi survei, bila Anies mengungkap dukungannya pada RK-Suswono, elektabilitas bakal cagub-cawagub usungan KIM Plus itu menjadi 53,7 persen. Angka ini meningkat dari hasil survei RK-Suswono tanpa ada dukungan Anies dengan elektabilitas 51,7 persen.

Kemudian, jika Anies mendukung Pramono-Rano, elektabilitas pasangan yang diusung PDIP dan Hanura itu juga meningkat menjadi 31,5 persen dari elektabilitas tanpa dukungan sebesar 29 persen.

"Kalau Pramono-Rano mau kompetitif atau mendekatkan elektabilitas dengan RK-Suswono, maka Pramono-Rano memerlukan dukungan dari Anies Baswedan, karena walaupun belum meningkatkan elektabilitas secara signifikan, tetapi secara signifikan menurunkan elektabilitas RK dan Suswono," jelas Djayadi.

"Sebaliknya, RK-Suswono memerlukan dukungan dari Anies Baswedan untuk memastikan agar mereka bisa tidak turun suaranya atau tetap lebih mudah melenggang menjadi pemenang," tambahnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada periode 6-12 September dengan total sampel sebanyak 1.200 responden yang merupakan warga DKI Jakarta berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah.

Penarikan responden diperoleh melalui teknik multistage random sampling dengan margin of error sebesar ± 2,9 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen dengan asumsi simple random sampling.