Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Tinggi (PT) Bombay mengambulkan upaya banding anggota gangster di India bernama Chhota Rajan dalam kasus pembunuhan pemilik hotel di Mumbai pada tahun 2001.

Hindustantimes melaporkan, Rabu 23 Oktober, upaya banding Rajan yang diterima membuat hukuman seumur hidup atas kasus pembunuhan pemilik hotel yang menjerat yang bersangkutan ditangguhkan.

Majelis Hakim PT Bombay, Revati Mohite Dere dan Prithviraj Chavan memerintahkan terdakwa Rajan membayar uang jaminan sebesar 1 lakh atau Rp18,5 juta sebagai syarat lantaran bandingnya diterima.

Pada Mei 2023, Pengadilan Khusus memvonis hukuman penjara seumur hidup terhadap terdakwa Chhota Rajan dalam kasus pembunuhan pemilik hotel tersebut.

Rajan yang tidak puas atas vonisnya kemudian mengajukan banding ke PT Bombay.

Dalam kasus ini, pemilik hotel Jaya Shetty dibunuh dengan cara ditembak mati oleh dua orang diduga anggota geng Chhota Rajan. Pembunuhan itu berlangsung di lantai pertama hotel tersebut pada 4 Mei 2001.

Berdasarkan penyelidikan, sebelum pembunuhan terjadi Jaya Shetty menerima panggilan pemerasan dari Hemant Pujari, seorang anggota geng Chhota Rajan. Lantaran tidak membayar uang yang diminta, Shetty dibunuh.

Meski penjara seumur hidup dalam kasus ini ditangguhkan, Rajan menjalani hukuman di kasus hukum yang lain.

Rajan terbukti melakukan pembunuhan reporter kriminal veteran J Dey dengan vonis penjara seumur hidup. Saat ini Rajan ditahan di penjara Tihar di Delhi.

Tahun lalu, pengadilan khusus Biro Investigasi Pusat (CBI) membebaskan Chhota Rajan dari tuduhan mendalangi pembunuhan besar-besaran terhadap pemimpin serikat buruh Mumbai yang terkenal, Dr. Datta Samant, yang ditembak mati pada 1997