Bagikan:

BOGOR - Terowongan atau Underpass Stasiun Batutulis di Kelurahan Batutulis, Kota Bogor, Jawa Barat, dijadwalkan untuk difungsikan pada Selasa (22/10) malam.

Camat Bogor Selatan Irman Khaeruddin, mengatakan Underpass Batutulis akan difungsikan besok mulai pukul 23.00 WIB. Sedangkan perlintasan di Stasiun Batutulis akan ditutup.

Irman mengatakan, pada pukul 23.00 hingga 03.00 WIB terowongan Batutulis bisa digunakan secara bergantian dari dua arah. Sedangkan pada pagi harinya bisa digunakan dua jalur secara bersamaan.

“Jadi nanti besok jam 23.00-03.00 WIB jadi sudah menggunakan jalan baru tapi bergantian. Baru paginya sudah digunakan dua jalur. Kemudian seterusnya menggunakan underpass,” kata Irman dilansir ANTARA, Senin, 21 Oktober. 

Hari ini pihak kecamatan sudah menggelar sosialisasi ke masyarakat terkait penggunaan Underpass Batutulis. Kecamatan Bogor Selatan juga menyampaikan bahwa di jalur lama akan ada pembongkaran.

“Mulai hari ini saya sosialisasi ke warga bahwa besok jam 23.00-03.00 akan dilakukan pengerjaan jalur. Jadi di bawah (underpass) akan difungsikan,” jelasnya.

Selain itu, kata Irman, Kecamatan Bogor Selatan juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang terkait difungsikannya Underpass Batutulis.

Ia berharap, dengan difungsikannya perlintasan tidak sebidang ini bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di sekitar Stasiun Batutulis.

“Sesuai tujuan awal kan menghindari kemacetan karena arus kereta api. Informasi 2025 juga digunakan dua jalur rencananya, double track,” kata dia.