Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan sejumlah kementerian teknis akan berada di bawah koordinasinya, utamanya kementerian-kementerian yang membidangi kesejahteraan sosial.

Adapun kementerian-kementerian teknis yang di bawah koordinasi Cak Imin meliputi Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Perlindungan Pekerja Migran, Kementerian Koperasi, Kementerian UMKM, Kementerian Ekonomi Kreatif, hingga Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

"Ini menjadi satu kesatuan dalam koordinasi saya. Tentu kita akan berusaha sekuat tenaga terjadi integrasi dan sinergi," ujar Muhaimin Iskandar saat serah terima jabatan di Kemenko PMK di Jakarta, Senin 21 Oktober, disitat Antara.

Dalam Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo Subianto membagi Kemenko PMK menjadi dua kelembagaan yakni Kemenko PMK dan Kemenko Pemberdayaan Masyarakat.

Kemenko PMK dan Kemenko Pemberdayaan Masyarakat akan berada dalam satu gedung. Keduanya akan berbagi peran dan saling bersinergi dalam mewujudkan visi misi Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Kita ingin masing-masing kementerian tidak didominasi oleh ego sektoral. Kita ingin pemicu pemberdayaan ini menjadi ikatan agar ego sektoral itu tertangani. Kita mulai dari kecil, menengah," kata dia.

Perihal penambahan staf, kata Muhaimin, kementeriannya kemungkinan akan menambah satu atau dua deputi, melengkapi kedeputian yang sudah ada di Kemenko PMK.

"Mungkin kita cari satu atau dua deputi yang bisa menyinkronkan dunia usaha kecil dengan pemberdayaan sosial," kata dia.

Ia juga menegaskan bahwa di Kabinet Merah Putih tak ada lagi perbedaan pandangan atau pemahaman politik. Semuanya harus dalam satu komando barisan mewujudkan visi misi Prabowo-Gibran.

Penegasan Muhaimin itu berkaca pada perseteruannya dengan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial.

"Amanah ini saya terima dengan niat tulus untuk bersama-sama, bahu-membahu dari seluruh kementerian yang ada di dalam koordinasi yang diamanatkan kepada saya," kata dia.