Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut ada pembicaraan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Prabowo Subianto terkait masuknya Budi Gunawan dalam kabinet Merah Putih. Budi Gunawan atau akrab disapa BG kerap dikaitkan sebagai menteri dari PDIP. 

"Ya pasti ada pembicaraan. (Bu Mega) Ya tahu, kan di TV ada. (Responsnya) positif,” ujar Puan, Senin, 21 Oktober. 

Mantan Menko PMK itu menegaskan Budi Gunawan dipilih Prabowo berangkat dari latar belakang profesional. Soal apakah BG akan menjadi penghubung PDIP apabila nantinya ada reshuffle kabinet, Puan merespons normatif. 

“Ya kita lihat nanti. Ini baru dilantik biarkan kabinet ini menjalankan sebaik-baiknya,” jelas Puan.

Puan juga hadir dalam pelantikan menteri dan kepala badan Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto hari ini. Ia memastikan DPR siap bergotong royong dengan pemerintah untuk membangun negeri.

Saat ditanya kemungkinan pemberatan anggaran negara karena adanya cukup banyak penambahan kementerian di era pemerintahan Prabowo, Puan mengajak semua untuk menunggu kinerja pemerintahan baru. 

“Kita lihat bagaimana nanti kinerja yang akan dilakukan oleh kabinet yang akan datang. Ini kan baru xq pengumuman belum melakukan apa yang harus dilakukan,” kata Puan. 

“Kita dukung dulu. Kita lihat dulu bagaimana nantinya, kita lihat seperti apa dengan adanya penambahan kementerian dan badan-badan ini,” tambah perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan juga kembali memastikan PDIP mendukung Pemerintahan Prabowo melalui jalur parlemen.

“Jadi kita sama-sama membangun Indonesia bagaimana membuat Indonesia menjadi lebih maju, menjadi lebih baik menjadi lebih dikenal luas oleh pimpinan internasional melalui parlemen,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada 48 menteri yang diumumkan Prabowo. Dari puluhan menteri itu, ada sembilan kementerian yang dipecah menjadi 21 kementerian baru di era Prabowo. 

Selain itu, ada 5 kepala badan dan 56 wakil menteri sehingga total personel di kabinet Prabowo ada 109 orang.