Bagikan:

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto menunjuk dan melantik Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Senin, 21 Oktober. Jabatan ini merupakan badan baru di Kabinet Merah Putih.

Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, pelantikan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Luhut dapat jabatan di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 139P/2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Setelahnya, Prabowo megambil sumpah jabatan para menteri dan kepala lembaga. Prosesi ini juga diikuti para rohaniwan.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Prabowo mendiktekan sumpah jabatan dan diikuti oleh Luhut.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Selain Luhut, Prabowo juga melantik Jaksa Agung ST Burhanduddin, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) M Herindra, Kepala Staf Kepresidenan AM Putranto dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan Muhammad Qudori, dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi.