Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan fungsi dan tugas antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan Dewan Ekonomi Nasional (DEN) yang dipimpin Luhut Binsar Panjaitan akan berbeda dalam Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto.

Airlangga mengatakan, komunikasi dengan Luhut Binsar Panjaitan berjalan dengan lancar lantaran sudah pernah berada di kabinet Indonesia Maju.

"Terkait dengan DEN akan dipimpin pak Luhut Binsar Pandjaitan dan sudah menjadi mitra kami di kabinet juga hampir 1 dekade jadi komunikasi lancar," ujarnya kepada wartawan, Senin, 21 Oktober.

Terkait dengan tugas dan fungsi DEN, Airlangga mengatakan, pembagian tugas menunggu arahan dari Prabowo.

"Tunggu nanti penugasan bapak presiden sudah jelas," jelasnya.

Airlangga menjelaskan untuk fungsi dan tugas yang membawahi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) akan beralih ke Kementerian Koordinator Perekonomian seperti Kementerian energi, investasi, dan pariwisata.

Oleh sebab itu, Airlangga menyampaikan untuk teknis perbedaannya nanti menunggu penetapan peraturan presiden (Perpres) antara DEN dengan Kemenko Perekonomian.

"Di Kemenko aja PP nya baru," ucap Airlangga saat ditemui di kantornya, Senin, 21 Oktober.

Selain itu, Airlangga menyampaikan DEN akan lebih pada perumusan kebijakan ekonomi dan melaporkan langsung kepada Presiden, bukan seperti Kemenko Perekonomian yang mengkoordinasi kementerian bidang ekonomi lainnya.

"Kan itu kebijakan, dan beliau laporannya langsung ke presiden langsung," ucapnya.