Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan tengah mencari nama yang simbolis dan menarik untuk masing-masing dari delapan Bus Sungai Han, bagian dari sistem transportasi air yang akan diluncurkan tahun depan.

Layanan transportasi umum tersebut akan menghubungkan pusat-pusat utama Sungai Han di wilayah Magok di barat daya Seoul dan Jamsil di tenggara.

"Bus Sungai Han, metode transportasi air representatif Seoul, akan memulai operasi resminya pada Bulan Maret tahun depan dengan nama yang diberikan oleh masyarakat," kata Joo Yong-tae, kepala Kantor Pusat Sungai Han Masa Depan Seoul, dikutip dari The Korea Times 10 Oktober.

"Kami akan melaksanakan proyek ini dengan lancar sehingga tidak hanya dicintai oleh warga Seoul tetapi juga orang asing dengan transportasi umum yang aman dan menyenangkan," tambahnya.

Melalui kontes pemberian nama ini yang dimulai pada 25 September, Pemerintah Metropolitan Seoul tengah mencari nama-nama yang bermakna yang akan menampilkan karakteristik kota dan sungai tersebut.

Biasanya, nama kapal diambil dari istilah astronomi, alam dan nama kota. Namun, kali ini, para pejabat mengatakan bahwa mereka mencari sesuatu yang lebih inovatif dan kreatif.

Kontes berlangsung hingga 7 Oktober lalu dan warga negara Korea mana pun dapat berpartisipasi. Setiap orang dapat mengirimkan hingga tiga nama setelah mengisi formulir pendaftaran, yang dapat ditemukan di situs web pemerintah kota.

Pemerintah kota berencana untuk mengumumkan delapan nama terakhir pada Bulan November. Setiap pemenang akan diberikan sertifikat hadiah senilai 200.000 won.

Seoul akan memperkenalkan delapan kapal pada akhir tahun ini melalui fase uji coba, dengan operasi dimulai pada Bulan Maret 2025.

Kapal-kapal tersebut akan dilengkapi dengan kafetaria dan rak sepeda, beserta 199 kursi. Biayanya akan ditetapkan sebesar 3.000 won dan mereka yang menggunakan Kartu Iklim kota dapat menggunakannya melalui sistem tiket musiman.