Bagikan:

YOGYAKARTA – Hari ini Ahmad Muzani ditetapkan jadi Ketua MPR 2024-2029. Pengangkatan tersebut membuat profil Ahmad Muzani menarik untuk dibahas. Saat ini ia cukup dikenal sebagai salah satu loyalis Prabowo Subianto, presiden terpilih RI periode 2024-2029.

Profil Ahmad Muzani

Ahmad Muzani adalah politisi yang lahir di Tegal pada 15 Juli 1968. Selain sebagai politisi, Muzani dikenal sebagai pengusaha.

Dilansir dari situs Gerindra, Ahmad Muzani merupakan lulusan Universitas Ibnu Khaldun dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Kiprak Muzani di bidang organisasi disebut cukup panjang. Bahkan ia mulai aktif berorganisasi sejak muda. Bahkan ia pernah menjadi pemimpin Pelajar Islam Indonesia (PII).

Ahmad Muzani juga pernah melakoni profesi sebagai wartawan di majalah Amanah. Ia juga pernah menjadi seorang penyiar radio di Ramako & Lite FM.

Pada tahun 2009, Muzani yang menjadi manajer perusahaan perkebunan kelapa sawit milik Prabowo Subianto mulai melirik Partai Gerindra. Di partai tersebut ia mulai aktif hingga dipercaya sebagai Sekjen Partai.

Di tahun yang sama, Muzani kemudian mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dengan daerah pemilihan (dapil) Lampung I. Tak disangka, 24.723 suara suara yang ia raup berhasil membawanya ke Senayan dengan periode jabatan 2009-2014. Karier Muzani di DPR terus berlanjut sampai periode 2024-2029.

Sampai saat ini, Muzani terus aktif dalam berbagai kegaiatan Partai Gerindra. Prabowo juga memberikan kepercayaannya kepada Muzani di berbagai kesempatan.

Harta Kekayaan Ahmad Muzani

Ahmad Muzani telah melaporkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) periode 2023. Berdasarkan laporan tersebut, Kamis, 3 Oktober, jumlah harta kekayaan Ahmad Muzani sebesar Rp59,1 miliar.

Dari laporan LHKPN tersebut, Muzani diketahui memiliki aset tanah dan bangunan dengan nilai Rp42,6 miliar. Aset itu tersebar di Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Tegal, Jakarta Pusat, Lampung Selatan, dan Serang dengan total sebanyak 30 lokasi.

Selain itu Muzani tercatat memiliki aset transportasi dan mesin dengan nilai Rp1,1 miliar dengan rincian Toyota Fortuner (2016) senilai Rp300 juta, Honda Freed (2011) senilai Rp100 juta,  Mitsubishi Pajero Sport (2012) dengan harga Rp200 juta, Toyota Vellfire (2015) dengan harga Rp400 juta. Muzani juga tercatat memiliki sepeda sebanyak 8 unit dengan nilai total sebesar Rp100 juta. 

Muzani juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai sebesar Rp4,5 miliar, surat berharga Rp375,2 juta, kas setara kas senilai Rp8,5 miliar, dan harta lain senilai Rp1,85 miliar. Dalam LHKPN, Ahmad Muzani tidak memiliki hutang sedikitpun alias Rp0.

Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI telah menyatakan secara resmi bahwa Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra menjabat sebagai Ketua MPR periode 2024-2029. Keputusan tersebut diambil pada hari Kamis, (3/10/2024) dan jadi tindak lanjut dari rapat gabungan fraksi yang dilaksanakan satu hari sebelumnya.

Berdasarkan ketetapan tersebut, berikut ini daftar susunan Pimpinan MPR RI 2024-2029 secara lengkap.

  • Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra: Ahmad Muzani
  • Wakil Ketua dari Fraksi Partai Golkar: Kahar Muzakir
  • Wakil Ketua dari Fraksi PDI-P: Bambang Wuryanto
  • Wakil Ketua dari Fraksi PKB: Rusdi Kirana
  • Wakil Ketua dari Fraksi Nasdem: Lestari Moerdijat
  • Wakil Ketua dari Fraksi PKS: Hidayat Nur Wahid
  • Wakil Ketua dari Fraksi PAN: Eddy Soeparno
  • Wakil Ketua dari Fraksi Partai Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono
  • Wakil Ketua dari Kelompok DPD: Abcandra Muhammad Akbar Supratman

Itulah informasi terkait profil Ahmad Muzani. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.