Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani bersama delapan perwakilan fraksi dan kelompok DPD akan ditetapkan menjadi ketua dan wakil ketua MPR periode 2024-2029 di gedung MPR/DPD, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 3 Oktober.

"Rapat paripurna 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR baru yang dipimpin Ahmad Muzani didampingi delapan wakil ketua MPR dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD," ujar Ketua Fraksi PDIP MPR Ahmad Basarah di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu malam.

Rencananya, rapat paripurna penetapan pimpinan MPR 2024-2029 digelar Rabu malam. Namun, tidak bisa digelar karena kelompok DPD belum menyepakati anggotanya yang diutus menjadi wakil ketua MPR.

DPD baru menunjuk Abchandra Muhammad Akbar Supratman sebagai wakil ketua MPR dari kelompok DPD pada Kamis dini hari. Putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas itu ditunjuk seusai terpilih lewat hasil pemungutan suara atau voting dua putaran pada rapat paripurna DPD.

Ketua MPR 5 tahun mendatang sudah disepakati oleh pimpinan fraksi dan perwakilan DPD sebelumnya, yakni Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Muzani akan didampingi delapan wakil ketua MPR.

Sejumlah nama perwakilan fraksi sudah disebut-sebut bakal menjadi wakil ketua MPR, yakni Bambang Pacul (PDIP), Rusdi Kirana (PKB), Kahar Muzakir (Golkar), Edy Soeparno (PAN), Hidayat Nur Wahid (PKS) dan Lestari Moerdijat (Nasdem).

Sementara wakil ketua MPR dari Fraksi Demokrat belum diungkap ke publik. Lalu, wakil ketua MPR periode 2024-2029 dari kelompok DPD adalah Abchandra Muhammad Akbar Supratman.