Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan fraksi-fraksi di MPR dan kelompok DPD RI sepakat memilih anggota DPR dapil Lampung I, Ahmad Muzani, sebagai Ketua MPR periode 2024-2029. Kesepakatan tersebut diambil dalam rapat gabungan pimpinan fraksi-fraksi MPR bersama kelompok DPD malam ini. 

"Rapat gabungan pimpinan fraksi-fraksi MPR RI dan kelompok DPD yang dipimpin pimpinan sementara telah menyepakati secara musyawarah mufakat, bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra," ujar Ketua Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah, Rabu, 2 Oktober. 

"Namanya adalah sahabat saya, kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak Haji Ahmad Muzani," sambungnya diiringi tepuk tangan anggota MPR.  

Muzani, lanjut Basarah, akan didampingi oleh 8 para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi partai politik di MPR.

Namun, fraksi-fraksi perwakilan parpol di MPR masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD.

"Yang mereka masih rapat pada malam hari ini untuk menentukannya," lanjut Basarah. 

 

Dengan demikian, kata Basarah, rapat paripurna MPR pada Kamis, 3 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB hanya tinggal menetapkan susunan MPR yang baru. 

"Yang dipimpin oleh Ahmad Muzani didampingi 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi parpol dan kelompok DPD yang akan ditetapkan besok," katanya.  

"Jadi dengan demikian, besok pukul 10 pagi kita harapkan temen temen media dapat datang dan meliput dan menyebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia, besok akan terbentuk pimpinan MPR yang baru," tutup Basarah.