Bagikan:

JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil mendapatkan wejangan khusus saat menyambangi kediaman tokoh Betawi sekaligus pendiri Bamus Betawi, Haji Nuri Thaher di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Senin, 30 September.

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Jakarta, Bambang Waluyo Djojohadikusumo mengatakan, banyak pesan penting yang dititipkan Haji Nuri kepada Ridwan Kamil terkait membangun Jakarta baru yang lebih maju.

"Beliau berpesan kepada Ridwan Kamil agar memperhatikan masalah layanan kesehatan masyarakat seperti rumah sakit, masalah penataan kawasan kumuh, terkait lembaga atau dewan adat Betawi, dan banyak lagi," kata Bambang dalam keterangannya di Jakarta, Antara, Selasa, 1 Oktober.

Dia yang mendampingi Ridwan Kamil saat bertemu dengan Haji Nuri mengungkapkan bahwa salah satu pesan Haji Nuri kepada Ridwan Kamil yang cukup menyentuh adalah terkait program kerja.

"Beliau mengatakan program kerja gubernur itu hanya setengah. Sedangkan setengahnya lagi adalah aspirasi masyarakat," kata pria yang biasa disapa Jojo Wahab itu.

Haji Nuri, kata dia, juga meminta kepada Ridwan Kamil untuk tak segan-segan meminta bantuannya dalam menangani masalah di Jakarta. Salah satunya, terkait dualisme Bamus Betawi.

"Kalau ada apa-apa, saya siap dilibatkan, termasuk menyatukan Bamus Betawi. Supaya lebih akur, lebih guyup dan kekeluargaan," kata Haji Nuri kepada Ridwan Kamil.

Haji Nuri yang dikenal sebagai Dedengkot Betawi itu merupakan salah satu pendiri Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Saat ini, ia menjabat Ketua Majelis Adat Bamus Betawi.

Dilihat dari silsilah atau nasabnya, pria yang akrab disapa Babe Nuri ini bukan orang sembarangan. Dia asli Betawi, karena lahir dan besar di Jakarta. Silsilahnya sampai lima generasi semua lahir di Jakarta.

Selama ini, Haji Nuri memang jadi panutan. Tak heran, jika para gubernur Jakarta sebelumnya juga minta wejangan atau nasihat dari Haji Nuri, mulai dari Sutiyoso, Fauzi Bowo hingga Anies Baswedan.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Haji Nuri mendoakan Ridwan Kamil agar menjadi gubernur Jakarta periode 2024-2029.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.