Bagikan:

YOGYAKARTA - Krisis energi dan perubahan iklim untuk mencari alternatif energi ramah lingkungan, salah satunya adalah angin. Pertanyaannya, mengapa energi angin termasuk sumber energi terbarukan?

Angin, yang merupakan fenomena alam yang terjadi secara terus-menerus, telah dimanfaatkan manusia sejak zaman dahulu. Namun, dengan kemajuan teknologi, pemanfaatan energi angin kini semakin efisien dan berskala besar.

Mengapa energi angin termasuk sumber energi terbarukan?

Alasan angin menjadi energi terbarukan, menurut Green Mountain Energy lantaran angin selalu bertiup di suatu tempat dan tidak akan pernah habis.

Selain itu, berkat teknologi turbin angin, kita dapat memanfaatkan kekuatan angin yang alami dan tak terbatas untuk menghasilkan listrik bagi rumah tangga dan bisnis tanpa khawatir kehabisan pasokan.

Manusia sendiri telah menggunakan tenaga angin selama ribuan tahun. Sejak tahun 5000 SM, orang Mesir menggunakan angin untuk mendorong perahu di sepanjang Sungai Nil.

Kemudian sekitar tahun 200 SM, kincir angin sederhana di Tiongkok sudah digunakan untuk memompa air, dan kincir angin vertikal membantu menggiling biji-bijian di Persia dan Timur Tengah.

Angin juga telah digunakan di beberapa negara seperti Belanda yang mengeringkan danau dan rawa-rawa di Delta Sungai Rhine, hingga petani Amerika yang memompa air untuk tanaman, memotong kayu di pabrik gergaji, dan menggiling gandum dan jagung.

Teknologi kincir angin telah digunakan dalam banyak cara untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan kehidupan kehidupan manusia selama beberapa abad.

Baca juga artikel yang membahas: KHE menetapkan target ambisius menyelesaikan pembangunan PLTA Kayan Cascade pada tahun 2035.

Pemanfaatan Energi Angin di Zaman Modern (freepik)

Pemanfaatan Energi Angin di Zaman Modern

Di zaman modern, energi angin adalah sumber energi terbarukan yang masih dapat kita andalkan untuk meningkatkan kehidupan.

Pada tahun 2019, energi angin melampaui tenaga air sebagai sumber energi terbarukan yang paling umum digunakan untuk menghasilkan listrik di Amerika Serikat.

Pada tahun 2020, listrik AS yang dihasilkan dari angin berjumlah sekitar 338 miliar kilowatt jam (kWh). Angka tersebut telah meningkat secara eksponensial dari 6 miliar kWh yang dihasilkan pada tahun 2000.

Di AS, pertumbuhan energi angin yang dikombinasikan dengan permintaan publik yang lebih tinggi untuk energi bersih dan penurunan biaya produksinya, telah mengarah pada revolusi energi bersih.

Manfaat Penggunaan Energi Angin

  • Ramah Lingkungan

Mekanisme energi ini tidak lepas dari peran kincir angin yang memanfaatkan energi dari angin dengan menggunakan tenaga mekanik untuk memutar generator dan menghasilkan listrik.

Tidak hanya angin merupakan sumber daya yang berlimpah dan tak habis-habis, tetapi juga menghasilkan listrik tanpa membakar bahan bakar apa pun dan mencemari udara.

Menariknya, penggunaan energi angin di Amerika Serikat telah membantu menghindari 336 juta metrik ton emisi karbon dioksida setiap tahun, atau setara dengan emisi dari 73 juta mobil.

  • Menyerap Pendapatan Daerah

Di AS, penggunaan energi angin memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas lokal. Proyek-proyek energi angin diperkirakan menghasilkan pendapatan sebesar $2 miliar setiap tahun melalui pajak negara dan lokal serta pembayaran sewa lahan.

Selain itu, komunitas yang mengembangkan energi angin dapat menggunakan pendapatan tambahan ini untuk meningkatkan anggaran sekolah, mengurangi beban pajak bagi pemilik rumah, dan mengatasi proyek infrastruktur lokal.

  • Ekonomis

Turbin angin skala utilitas berbasis lahan merupakan salah satu sumber energi dengan harga paling rendah yang tersedia saat ini. Selain itu, daya saing biaya energi angin terus meningkat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi energi angin.

Selain itu, energi angin dapat dengan mudah diintegrasikan di daerah pedesaan atau terpencil. Sebagai contoh seperti pertanian dan peternakan atau komunitas pesisir dan pulau, di mana sering ditemukan sumber angin berkualitas tinggi.

Selain mengapa energi angin termasuk sumber energi terbarukan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!