Bagikan:

JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Muhammad Yusuf Ateh menyebut 10 nama calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas KPK bakal diserahkan ke presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto. Prabowo yang akan menindaklanjuti dan menyampaikan ke DPR untuk proses lanjutan, yakni fit and proper test atau uji kelayakan.

Hal ini disampaikan Ateh usai gelaran seleksi wawancara calon dewan pengawas pada hari ini, Jumat, 20 September. Adapun proses sudah diikuti masing-masing 20 calon pimpinan dan dewan pengawas sejak Selasa, 17 September.

“Yang akan memilih (masing-masing 10 nama, red) presiden yang baru,” kata Ateh kepada wartawan di Gedung Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat, 20 September.

Ateh menyebut sebelumnya penyerahan ke Prabowo dilakukan panitia seleksi akan lebih dulu melaksanakan rapat. Publik diminta menunggu siapa saja yang lolos ke tahapan selanjutnya.

“(Kami, red) tinggal menyiapkan rapat hasil seleksi. Tunggu saja, ya, hasilnya,” tegas Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tersebut.

Diberitakan sebelumnya, seleksi wawancara bagi para calon pimpinan dilaksanakan di Aula Serbaguna Gedung III Lantai 1 Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran No. 18, Jakarta Pusat. Mereka setelahnya melaksanakan tes kesehatan jasmani dan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada 19-20 September mendatang.

Sedangkan calon dewan pengawas akan lebih dulu menjalani tes kesehatan pada 17-18 September di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Mereka kemudian dites wawancara pada 19-20 September mendatang.