Bagikan:

JAKARTA - Duta Besar Israel untuk PBB mengkritik kecaman Sekretaris Jenderal Antonio Guterres terhadap serangan Israel yang menargetkan operator Hamas di sebuah sekolah yang diubah menjadi tempat penampungan di Jalur Gaza, Palestina yang menurut Guterres menewaskan enam staf badan bantuan PBB untuk Palestina.

"Yang 'tidak dapat diterima', (Guterres), adalah kenyataan bahwa Anda menolak untuk mengakui kenyataan dan terus mendistorsinya," tulis Duta Besar Danny Danon di Twitter, melansir The Times of Israel 12 September.

"Tidak masuk akal bahwa PBB terus mengutuk Israel dalam perang yang adil melawan teroris, sementara Hamas terus menggunakan wanita dan anak-anak sebagai tameng manusia," lanjutnya.

"Saya sarankan Anda menyelidiki dengan saksama siapa teroris ini, apa yang mereka lakukan di masa lalu dan kekejaman apa yang mereka lakukan ketika mereka disingkirkan sebelum membuat pernyataan," tambah Danon, tanpa secara langsung membahas masalah staf UNRWA.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen PBB Guterres mengatakan, kurangnya akuntabilitas atas pembunuhan staf PBB dan pekerja bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza "sama sekali tidak dapat diterima."

Hampir 300 pekerja bantuan kemanusiaan, lebih dari dua pertiganya adalah staf PBB, juga tewas selama konflik di Jalur Gaza, menurut PBB. Sekjen Guterres mengatakan harus ada investigasi dan akuntabilitas yang efektif atas kematian mereka.

"Kami memiliki pengadilan, tetapi kami melihat bahwa keputusan pengadilan tidak dihormati, dan ketidakpastian akuntabilitas seperti inilah yang sama sekali tidak dapat diterima dan juga memerlukan refleksi serius," kata Sekjen Guterres kepada Reuters.

Perang di Gaza mendominasi, yang dimulai hanya dua minggu setelah para pemimpin meninggalkan New York, menyusul pertemuan tahun lalu ketika militan Hamas Palestina menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang dalam serangan lintas perbatasan ke Israel, menurut penghitungan Israel.

Menggambarkan pembalasan Israel terhadap Hamas di Gaza, yang sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 41.118 warga Palestina dan melukai 95.125 lainnya, menurut kementerian kesehatan Gaza, Sekjen Guterres mengatakan telah terjadi "pelanggaran yang sangat dramatis terhadap hukum humaniter internasional dan sama sekali tidak adanya perlindungan yang efektif bagi warga sipil."

"Apa yang terjadi di Gaza sama sekali tidak dapat diterima," katanya.