Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi para peserta seleksi yang belum beruntung lolos, tenang karena masa sanggah cpns 2024 akan segera dimulai.

Masa sanggah sendiri ada pada tahap seleksi administrasi, dengan demikian Anda jangan berkecil hati. Karena masih ada peluang untuk memperjuangkan hak Anda melalui masa sanggah.

Masa sanggah memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan keberatan atas hasil seleksi yang telah ditetapkan. Mari simak informasi lengkap mengenai masa sanggah CPNS dalam artikel ini.

Apa itu masa sanggah dalam CPNS?

Proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan memasuki tahap pengajuan keberatan atau yang lebih dikenal dengan masa sanggah.

Dilansir dari laman Menpan, masa sanggah merupakan satu-satunya peluang yang diberikan kepada para peserta yang merasa hasil seleksi administrasinya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kemudian, melalui Portal SSCASN, para peserta dapat menyampaikan alasan mengapa mereka keberatan atas keputusan yang telah ditetapkan.

Jadwal Masa Sanggah CPNS 2024

Masa untuk mengajukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi telah ditetapkan selama dua hari berturut-turut, yakni pada tanggal 20-22 September 2024.

Dengan demikian, para pelamar hanya diberikan satu kesempatan untuk menyampaikan keberatan secara tertulis dengan menyertakan alasan yang kuat, relevan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, instansi yang bersangkutan akan mengevaluasi setiap sanggahan yang masuk dan memutuskan apakah akan diterima atau ditolak.

Cara Melakukan Sanggahan Administrasi CPNS

  • Login

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui tautan https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi yang terdaftar.

  • Ajukan Sanggahan

Kemudian, peserta yang tidak lolos seleksi administrasi akan menerima notifikasi yang berisi informasi detail mengenai persyaratan yang belum dipenuhi.

Untuk mengajukan keberatan, peserta dapat mengakses sistem dan menemukan tombol "Ajukan Sanggahan". Sistem kemudian akan menampilkan formulir sanggahan yang harus diisi dengan lengkap, termasuk alasan mengajukan sanggahan.

  • Isi Formulir

Setelah mengajukan sanggahan, kemudian isi formulir pengajuan sanggahan secara lengkap, dengan menyertakan kronologi kejadian dan alasan yang mendasari keberatan Anda.

Ketika mengisi formulir pastikan untuk melampirkan seluruh dokumen pendukung yang relevan sebagai bukti. Setelah proses verifikasi dokumen oleh instansi terkait, pengumuman hasil seleksi yang telah diperbarui akan dirilis selambat-lambatnya tujuh hari kerja setelah masa sanggah berakhir.

Baca juga artikel yang membahas Catat! Nilai Ambang Batas CPNS 2024 Ujian SKD dan Bobot Nilai Tiap Soal

masa sanggah cpns 2024 (Antaranews)

Kapan pengumuman kelulusan berkas CPNS 2024?

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2024 resmi dirilis melalui situs SSCASN, peserta yang dinyatakan lolos akan menerima notifikasi keberhasilan.

Biasanya, informasi kelulusan ini dapat dilihat pada akun SSCASN masing-masing. Peserta yang dinyatakan lulus umumnya akan menemukan pesan konfirmasi kelulusan pada halaman cetak kartu pendaftaran.

Namun berdasarkan rilus dari BKN terbaru, jadwal pengumuman hasil seleksi akan dimulai pada Sabtu, 14 September 2024 mendatang. Sementara itu, pengumuman seleksi baru diketahui dan akan berakhir pada tanggal 19 September 2024.

Kapan seleksi SKD CPNS 2024?

Adapun bagi para peserta yang lolos tahap seleksi administrasi, kemudian berhak mengikuti tes SKD.

Sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 5419/BKS.04.01/SD/K/2024, pelaksanaan tes SKD CPNS tahun anggaran 2024 telah ditetapkan pada rentang waktu 16 Oktober sampai dengan 14 November 2024.

Selain masa sanggah cpns 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!