Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus berharap Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta bisa jadi simbol kehidupan bersama.

Hal ini disampaikannya saat bertemu dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar pada lawatan hati ketiganya di Indonesia, Kamis, 5 September. Paus Fransiskus juga menyampaikan keinginannya agar dialog antar umat beragama bisa makin terbuka.

“Saya berharap komunitas-komunitas kita dapat semakin terbuka bagi dialog antarumat beragama dan semoga menjadi simbol kehidupan bersama yang damai dan mencirikan Indonesia,” katanya dalam pertemuan itu.

Paus Fransiskus dalam kesempatan itu juga mengingatkan persahabatan antar umat beragama agar terus terjaga. Walaupun berbeda, semua punya tugas yang sama pada akhirnya yakni membantu sesama.

“Terhadap tanda-tanda ancaman, terhadap masa-masa gelap, kita lawan dengan tanda persaudaraan yang dengan menyambut yang lain dan menghargai identitasnya, mendorongnya menuju perjalanan bersama yang dilakukan dalam persahabatan dan yang mengantar kita menuju terang,” ujar pemimpin umat Katolik tersebut.

“Saya berdoa kepada Allah, sang pencipta segala sesuatu, agar Ia memberkati semua mereka yang melewati terowongan ini dalam semangat persahabatan,kerukunan, dan persaudaraan,” pungkas Paus Fransiskus.