Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus menolak fasilitas mewah selama kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September mendatang. Ignasius Jonan yang merupakan Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia mengatakan pemimpin umat Katolik itu akan menggunakan kendaraan sipil berjenis Innova Zenix.

“Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix,” kata Jonan kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin, 2 Agustus.

Meski begitu, keamanan Paus Fransiskus bakal tetap terjamin. Saat menyapa umat di Gelora Bung Karno (GBK), misalnya, Paus bakal menumpang kendaraan produksi PT Pindad yaitu Maung.

“Kendaraan Maung itu adalah kendaraan inspeksi menyapa umat waktu misa di GBK,” tegas eks Menteri Perhubungan (Menhub) tersebut.

Jonan juga menjelaskan Paus Fransiskus tidak akan menginap di hotel mewah. Dia akan bermalam di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta.

“Jadi tidak menginap di hotel,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke sejumlah negara di Asia Pasifik. Salah satunya adalah Indonesia.

Adapun dia dijadwalkan tiba pada Selasa, 3 September. Paus Fransiskus akan melaksanakan agenda kenegaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga biarawan dan biarawati Katolik.

Selanjutnya, dia akan memimpin misa akbar di GBK pada 5 September. Lalu, ia melanjutkan perjalanannya ke negara lain pada 6 September.