Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) saat kedatangan pemimpin umat Katolik Sri Paus Fransiskus ke Indonesia, Selasa, 3 September.

“Besok kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta, nanti akan menuju ke Dubes Vatikan yang ada di sekitar Jalan Merdeka Utara,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin, 2 September.

Latif juga mengatakan bila kunjungan Sri Paus Fransiskus bukan hanya sekadar perjalanan apostolik. Akan tetapi, dia juga berkunjung kenegaraaan ke Indonesia pada September 2024 ini.

Oleh sebab itu dalam sistem pengamanannya menggunakan sistem rangkaian kebesaran. Nantinya seluruh jalur yang dilintasi Paus ke-266 ini akan dilakukan sterilisasi atau penutupan sementara.

“Tentunya seluruh jalur yang akan dilintasi oleh Paus ini adalah clear, jadi pada ruas jalan yang akan menuju jalur yang bersamaan tentunya akan kita lakukan penutupan sementara,” ucapnya.

Kendati demikian rekayasa lalin ini akan bersifat situasional. Nantinya saat Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno Hatta, langsung diberlakukan sterilisasi hingga radius 1 kilometer (Km).

“Tetapi ini sifatnya situasional, jadi pada saat diinformasikan Paus sudah mendarat di bandara, jalur mulai dari Soekarno Hatta Tol Sediatmo, Tol Dalam Kota, jalur Sudirman-Thamrin sampai dengan Dubes Vatikan, kami akan lakukan clear, yaitu pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 kilometer, kami sudah lakukan clear dari pada seluruh kendaraan yang ada. Ini untuk tanggal 3," ucapnya.