Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengaku akan membangun suatu kawasan permukiman baru sebagai upaya mengendalikan banjir pesisir atau rob.

Pembangunan kawasan baru ini, diakui RK, merupakan tugas yang diperintahkan Presiden 2024 terpilih, Prabowo Subianto. RK akan menjalankan tugas tersebut jika memenangkan Pilkada Jakarta.

"Pak Prabowo sudah menugaskan kami menyiapkan kawasan baru Untuk mengendalikan banjir di utara, tapi bukan bendungan. Bentuknya adalah sudah ada rumah, perumahan, ada pasar, dan lain sebagainya," kata RK saat bertemu relawan di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu, 1 September.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini berujar, tujuan pembangunan kawasan tersebut, selain dibangun untuk mencegah banjir rob, juga dimanfaatkan sebagai ruang hidup masyarakat.

"Jadi, ruang hidup baru Itulah yang disebut Jakarta baru, menghadirkan hal-hal yang dulu tidak ada menjadi ada. Memanusiawikan yang dulu mungkin terabaikan menjadi lebih terasa," tutur RK.

Dalam kesempatan itu, RK juga membeberkan sejumlah rencana pembangunan yang bakal dijalankan jika menjabat Gubernur Jakarta. Di antaranya mengoperasikan kendaraan yang berisi psikiater untuk melayani konsultasi jiwa warga.

"Kita sedang mempersiapkan namanya mobil curhat. Sebuah kendaraan isinya konsuler, psikiater diperbanyak di mana-mana. Sehingga, kesehatan mental orang stres, bisa curhat, yang selama ini mungkin curhatnya ke HP via IG story," jelas RK.

Lalu, RK dan pasangan cawagubnya, Suswono, juga ingin memperluas ruang terbuka hijau (RTH), serta memperbanyak titik-titik car free day (CFD) di setiap kecamatan.

"Kita ingin car free day tidak hanya di Sudirman, tapi di seluruh kecamatan kita bikin, sehingga kebahagiaan bisa merata. Tidak usah jauh-jauh ke tengah kota. Kita akan ada car free night malam hari sebulan sekali," urai dia.