Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono bakal membuat program untuk kesehatan mental warga Jakarta. Salah satunya adalah menghadirkan layanan konsultasi dengan psikolog.

“Ini yang akan kami hadirkan solusinya. Kami hadirkan layanan agar warga Jakarta bisa berkonsultasi dengan psikolog,” kata Ridwan di sela pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Sabtu, 31 Agustus.

Ridwan mengatakan masalah ini menjadi tantangan besar baginya. Sebab, Jakarta disebutnya masuk 10 besar kota yang memiliki tingkat stres di dunia menurut riset.

Selain itu, Ridwan Kamil-Suswono bakal mempersiapkan sejumlah program peningkatan kesehatan bagi masyarakat. Tapi, semuanya harus diawali dengan memastikan pemimpinnya mampu untuk melakukannya.

Karenanya, dia sepakat jika para calon pemimpin daerah seperti gubernur dan wakil gubernur diperiksa kesehatannya. Sebab, ada tugas berat yang harus dijalankan.

Setidaknya ada empat tugas yang disebut Ridwan, yakni pemimpin harus bisa membawa kemajuan. Kedua, seorang pemimpin harus bisa mengakselerasi perubahan.

Selanjutnya, Ridwan bilang pemimpin harus sensitif terhadap segala hal. Terakhir, seorang pemimpin harus mengambil keputusan berdasarkan data. 

“Tes kesehatan ini juga mengindikasikan para pemimpin warga Jakarta juga harus sehat-sehat kan," pungkas eks Gubernur Jawa Barat tersebut.