Bagikan:

JAKARTA - Jepang di wilayah barat daya bersiap menghadapi salah satu badai terkuat Topan Shanshan. Penduduk yang berada di jalur lintasan topan diperintahkan untuk mengungsi.

Dilansir Reuters, Rabu, 28 Agustus, perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota, maskapai penerbangan dan operator kereta membatalkan beberapa layanan untuk beberapa hari mendatang karena topan yang dikategorikan sebagai sangat kuat, menerjang pulau utama di barat daya Kyushu.

Badan meteorologi mengeluarkan peringatan darurat yang mengatakan topan tersebut dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang dapat merobohkan beberapa rumah.

"Kewaspadaan maksimum diperlukan mengingat prakiraan cuaca menunjukkan angin kencang, gelombang tinggi, dan pasang surut yang belum terlihat sejauh ini," kata Satoshi Sugimoto, kepala peramal cuaca badan tersebut

Setelah menghantam Kyushu, selama beberapa hari ke depan, badai tersebut diperkirakan akan mendekati wilayah tengah dan timur, termasuk ibu kota Tokyo, sekitar akhir pekan, kata badan tersebut.

Pihak berwenang mengeluarkan perintah evakuasi untuk lebih dari 800.000 penduduk di prefektur Kagoshima di Kyushu selatan dan prefektur Aichi dan Shizuoka di Jepang tengah.

Di Aichi, tempat kantor pusat Toyota berada, dua orang yang diyakini sebagai penghuni rumah yang runtuh akibat tanah longsor saat hujan deras dilaporkan hilang.

Tiga penghuni rumah tersebut telah dievakuasi, menurut penyiar publik NHK.

Toyota akan menangguhkan operasi di semua 14 pabriknya di Jepang mulai Rabu malam hingga Kamis pagi, katanya

Sementara Nissan akan menangguhkan operasi di pabriknya di Kyushu pada Kamis dan Jumat pagi.

Sedangkan Honda juga akan menutup sementara pabriknya di Kumamoto di Kyushu barat daya.

Dilaporkan juga ANA Holdings mengatakan akan membatalkan lebih dari 210 penerbangan domestik secara total antara Rabu dan Jumat yang dijadwalkan berangkat atau tiba di Jepang barat daya, yang berdampak pada sekitar 18.400 penumpang.

Sementara Japan Airlines mengatakan akan membatalkan 170 penerbangan domestik hingga Kamis. Sebanyak 10 penerbangan internasional yang dioperasikan oleh kedua maskapai juga akan ditangguhkan.