Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengataka peluang mengumumkan calon kepala daerah saat kesempatan terakhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbuka. Terutama untuk provinsi Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

"Tanggal 28 (Agustus, red) bisa, tanggal 29 kalau pagi boleh enggak? Khusus untuk wilayah-wilayah yang bisa langsung daftar, boleh enggak? Boleh," kata Djarot kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus.

Sebagai informasi, pendaftaran calon kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) akan dibuka pada 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024, paling lambat pukul 23.59 waktu setempat. Merujuk hal tersebut, Djarot bilang, partainya masih punya waktu untuk mengumumkan calon yang diusungnya.

"Misalnya, dia pengumuman batch keempat itu tanggal 29 (Agustus), kita umumkan jam 10, bisa enggak daftar? Administasinya gampang, pokoknya yang paling penting adalah B1KWK-nya ada enggak," tegas eks Gubernur Jakarta itu.

Diberitakan sebelumnya, santer terdengar PDIP bakal mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024. Dia direncanakan berduet Rano Karno yang merupakan kader partai besutan Megawati Soekarnoputri.

Hanya saja, Anies-Rano tak masuk dalam pasangan calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi dan diumumkan pada Senin, 26 Agustus. PDIP hanya mengumumkan enam calon gubernur dan wakilnya serta puluhan calon bupati/wali kota.

Di antaranya yang diumumkan adalah Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang maju di Pilgub Jateng dan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilgub Banten.

Meski begitu, DPP PDIP mengakui Anies sempat menyambangi kantor DPP PDIP di sela-sela penyerahan rekomendasi dukungan kepala daerah gelombang ketiga. Eks Gubernur DKI Jakarta itu bertemu Rano Karno di gedung B, kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.