Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai politik paling konsisten mendukung pencapresan Prabowo Subianto. Bahkan dukungan PAN ke Prabowo sudah terhitung sejak 15 tahun alias tiga periode. 

"Coba kita lihat, keberlanjutan dukungan PAN pada Pak Prabowo, mohon ini dicatat Pak Sekjen Gerindra Pak Muzani, saya ingat, kita semua ingat sudah tiga kali berturut-turut," ujar Jokowi dalam sambutannya di Kongres VI PAN di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat, 23 Agustus. 

Jokowi mengungkit PAN sudah mendukung Prabowo saat melawannya pada Pilpres 2014 dan 2019. Dukungan PAN, kata dia, tidak berubah untuk Ketua Umum Partai Gerindra itu saat bertarung di Pilpres 2024 melawan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. 

"(Pilpres) 2014 ada saya, ada Pak Prabowo, PAN dukung Pak Prabowo. 2019 ada saya, ada Pak Prabowo PAN kembali mendukung Pak Prabowo. 2024 ada Pak Anies, ada Pak Prabowo, ada Pak Ganjar, PAN juga tetap dukung Pak Prabowo. Tiga kali berturut-turut, konsisten dan paling konsisten," sambung Jokowi.

 

Karena itu, Jokowi menilai PAN pantas mendapat tambahan kursi di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. 

"Rasa-rasanya sih, rasa-rasanya, mestinya ada tambahan, tiga kali pak Muzani (Sekjen Gerindra), tiga kali konsisten," kata Jokowi. 

"Tambahnya terserah pak Prabowo karena beliau yang memiliki hak prerogatif presiden," tambahnya.