Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al-Thani akan mengunjungi Iran dalam beberapa hari mendatang.

“Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dijadwalkan untuk berkonsultasi dengan para pejabat Iran, termasuk Menteri Luar Negeri Abbas Araqchi, mengenai masalah bilateral dan regional yang penting,” kata kantor berita Tasnim dilansir Reuters, Kamis, 22 Agustus.

Qatar, bersama Mesir dan Amerika Serikat telah bertindak sebagai mediator untuk menjamin gencatan senjata guna mengakhiri perang 10 bulan antara Israel dan kelompok Palestina Hamas di Gaza.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meninggalkan Qatar pada Selasa setelah perjalanan cepat ke Timur Tengah untuk memberikan urgensi dalam upaya menengahi kesepakatan gencatan senjata di Gaza, dengan kesepakatan yang masih sulit dicapai sejauh ini.

Iran telah bersumpah akan melakukan pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli, yang mana Iran menyalahkan Israel. Israel tidak mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa mereka berada di balik pembunuhan tersebut.