Bagikan:

JAKARTA - Panitia seleksi (pansel) calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan melaksanakan proses wawancara terhadap 24 peserta yang lolos tes asesmen. Ketua Pansel Hermawan Sulistyo menyebut dari 24 peserta akan disaring menjadi 12 peserta yang nantinya diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"12 (nama) akan dikirim ke presiden melalui Menko Polhukam Hadi Tjahjanto. Lalu, presiden akan memilih enam dari 12 itu. Jadi (prosesnya) masih panjang," ungkapnya, Rabu 21 Agustus.

Hermawan menuturkan proses tes wawancara akan berlangsung pada 2-4 September 2024 pukul 08.30 WIB di Hotel Grand Kemang, Kemang Raya, Jakarta Selatan. Dia mengatakan, para peserta akan diberikan pertanyaan oleh delapan juri pansel.

"Melalui tes wawancara dan dikeroyok. Nanti delapan juri ini akan ngeroyok (bersamaan) setiap orang sampai terseleksi 12 dari 24. Materi yang diwawancarai belum tahu, tetapi salah satunya sumber dari masukan masyarakat," ucap Hermawan.

Sekretaris Pansel Kompolnas Yenti Garnasih menambahkan setelah tes wawancara pansel akan berembuk kembali melalui rapat pleno hingga akhirnya memutuskan 12 orang calon anggota Kompolnas. Yenti belum mengetahui kapan tenggat waktu pengumuman calon anggota terpilih karena menunggu kesediaan Presiden Jokowi melalui Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

"12 itu nanti akan ditentukan oleh presiden enam, yang terdiri dari tiga perwakilan tokoh masyarakat yang ada dan sudah kita lakukan sejak proses awal serta tiga dari tokoh kepolisian, itu yang diharapkan," terang Yenti.

Sebelumnya, sebanyak 36 peserta calon anggota Kompolnas mengikuti tes asesmen yang berlangsung pada 13-15 Agustus 2024. Dari 36 orang tersebut hanya 24 orang yang lolos tahap tes wawancara.

Kabag Pen Kompeten Asesmen Polri Kombes Pol Eka Satria Bakthi menyampaikan rangkaian tes asesmen yang telah dilalui para peserta, yaitu analisis masalah (problem analysis), leader group discussion (LGD). Kemudian, BEI (behaviour interview) atau wawancara serta psikometri.

Berikut daftar nama 24 orang peserta yang telah lolos seleksi tes asesmen anggota Kompolnas:

1. Albertus Wahyurudhanto (anggota Kompolnas 2020-2024)

2. Andi Syafrani (advokat)

3. Apong Herlina (advokat)

4. Appe Hutauruk (advokat)

5. Arief Wicaksono Sudiutomo (purnawirawan Polri)

6. Deni SB Yuherawan (dosen)

7. Erlinda (tenaga ahli)

8. Faisal Nurdin Idris (dosen)

9. Farid Bambang Siswantoro (konsultan)

10. Fitriana Sidikah Rachman (dosen)

11. Golda Eksa Radjaguguk (jurnalis)

12. Gufron (LSM)

13. Ida Oetari Poernamasari (purnawirawan Polri)

14. Lince Eppang (jurnalis)

15. Michael Marcus Iskandar Pohan (wiraswasta)

16. Mohammad Dawam (anggota Kompolnas 2020-2024)

17. Muhamad Ikhsan (purnawirawan Polri)

18. Muhammad Choirul Anam (konsultan)

19. Mustholih (dosen)

20. Nico Lieke (wiraswasta)

21. Raden Indah Pangestu Amantasari (dosen)

22. Supardi Hamid (dosen)

23. YA Teiana Ohoiwutun (dosen)

24. Yusuf (anggota Kompolnas 2020-2024)