Kerja Mengawasi Kepolisian: Ada Enam dari 12 Nama yang Harus Dipilih Jokowi sebagai Komisioner Kompolnas
Presiden Joko Widodo (Sumber: Sekretariat Kabinet)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyerahkan 12 nama calon komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2020-2024 ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, Jokowi hanya akan memilih enam nama.

Mahfud menyebut calon-calon tersebut berasal dari berbagai latar belakang, baik dari unsur kepolisian maupun tokoh masyarakat. Katanya, Kompolnas harus bisa membantu pemerintah mempercepat dan memperbaiki kinerja kepolisian.

"Mereka ini sudah melalui lima jenis seleksi, administrasi, tertulis, assesment, kesehatan, dan wawancara. Sehingga nanti diharapkan bisa membantu Presiden melalui Menko Polhukam untuk mempercepat dan memperbaiki lagi kinerja kepolisian," katanya, di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Jumat, 17 Juli.

Seharusnya, kata Mahfud, pergantian komisioner Kompolnas periode 2020-2024 ini dilakukan sejak Mei. Namun seleksi akhir tertunda karena adanya pandemi COVID-19.

"Tapi karena ada pandemi jadi agak ditunda sedikit. Meskipun sebenarnya sudah disiapkan jauh sebelum pandemi, bahkan anggota Kompolnas yang lama juga sudah menghadap Presiden untuk memberikan laporan akhir tugas," jelasnya.

12 nama calon kompolnas

Calon yang berasal dari unsur kepolisian, yakni:

1. Benny Mamoto

2. Eko Hadi Sutedjo

3. Pudji Hartanto Iskandar

4. Supardi Hamid

5. Albertus Wahyurudhanto, dan

6. Arief Wicaksono Sudi Utomo.

Sementara, calon dari unsur masyarakat yaitu:

1. Sri Nurherawati

2. Yosep Adi Prasetyo

3. Yusuf

4. Junaedi Saibih

5. Muhammad Dawam, dan

6. Poengky Indarti.

Mahfud mengatakan, pemilihan calon anggota Kompolnas dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena sebelumnya telah membentuk tim seleksi. "Tim seleksi ini orang-orang yang kredibel semua, kami percaya mereka menyeleksi dengan baik dan obyektif," katanya.

Tim penyeleksi tersebut, diketuai oleh Suparman Marzuki dan didampingi satu wakil ketua yaitu Komjen Pol. Moechgiyarto (Wakil Ketua). Tim ini beranggotakan tujuh orang yakni:

1. Titik Haryati

2. Irjen Pol. Drs. Carlo Tewu

3. Prof. Dr. Eddy O.S Hiariej

4. Prof. Dr. Muhammad Mustofa

5. Prof. Dr. Drs. Khasan Effendy

6. Irjen Pol Purn Drs. Ronny Lihawa,

7. Irjen Pol (P) Drs. Ansyaad Mbai

"Dari 12 nama calon Kompolnas yang diajukan ke Presiden, nantinya akan dipilih tiga orang dari unsur Kepolisian dan tiga orang dari tokoh masyrakat sebagai Anggota Komisi Kepolisian Nasional periode 2020-2024," ucap Mahfud.