Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Israel Defense Forces (IDF) Letnan Jenderal Herzi Halevi mengingatkan kemampuan pasukannya untuk melakukan serangan cepat di mana pun di Timur Tengah, menegaskan akan memburu Kepala Biro Politik Hamas yang baru, Yahya Sinwar.

Berbicara kepada personel Angkatan Udara Israel di Pangkalan Udara Tel Nof, Kepala Staf IDF Letjen Halevi mengatakan, Israel dalam keadaan siaga tinggi dan akan mampu melakukan respons cepat terhadap serangan apa pun.

"Kami akan mampu melancarkan serangan yang sangat cepat di mana pun di Lebanon, di mana pun di Gaza, di mana pun di Timur Tengah, di atas tanah dan di bawah tanah," kata Letjen Halevi, melansir The Times of Israel 8 Agustus.

"Kami akan mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada musuh-musuh kami, mereka yang menyerang kami, mereka yang dalam setiap pidatonya berbicara tentang bagaimana mereka berusaha menghancurkan Negara Israel. Kami akan menyerang mereka, dan kami akan terus tumbuh lebih kuat," jelasnya.

Israel berada dalam siaga tinggi, usai serangan yang menewaskan komandan militer senior Hizbullah Fuad Shukr di Beirut, Lebanon pekan lalu.

Sehari setelah, Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh tewas dalam serangan di Teheran, Iran, usai menghadiri pelantikan presiden terpilih Masoud Pezeshkian. 

Berbeda dengan klaim terhadap serangan di Beirut, Israel tidak merespons mengenai serangan di Teheran. Iran dan Hamas menyebut Israel terkait pembunuhan Haniyeh. Namun, kedua peristiwa itu menambah tensi di Timur Tengah yang sudah memanas akibat konflik di Gaza.