Bagikan:

JAKARTA - Suami Wapres Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengaku pernah berselingkuh saat pernikahan pertamanya. Ini terjadi sebelum Doug Emhoff menikah dengan Kalama Harris yang kini jadi capres AS dari Partai Demokrat.

Pengakuan Emhoff muncul setelah tabloid Inggris The Daily Mail melaporkan guru selingkuhan Emhoff tersebut hamil pada tahun 2009, namun tidak memiliki bayi. CBS News tidak menyebutkan nama wanita yang terlibat dalam hubungan tersebut.

Dua sumber – keduanya dekat dengan wanita tersebut pada saat dia menjalin hubungan dengan Emhoff – mengatakan kepada CBS News, kehamilan wanita tersebut berakhir dengan keguguran. 

Kedua sumber tersebut, bersama dengan sumber ketiga yang mengetahui hubungan tersebut - semuanya berbicara tanpa menyebut nama - mengatakan meskipun Emhoff saat itu menikah secara sah dengan istri pertamanya, Kerstin Emhoff.

Keduanya berpisah ketika perselingkuhan terjadi.  Sumber mengatakan, berbeda dengan laporan Daily Mail, wanita tersebut tidak bekerja sebagai pengasuh anak-anak Emhoff.

Wanita selingkuhan itu mengajar di sekolah, meskipun dia tidak mengajar anak mana pun saat menjalin hubungan dengan Emhoff, kata sumber tersebut.

“Selama pernikahan pertama saya, Kerstin dan saya mengalami masa-masa sulit karena tindakan saya,” kata Emhoff dalam pernyataan yang diberikan kepada CBS News.

"Saya mengambil tanggung jawab, dan pada tahun-tahun berikutnya, kami mengatasi berbagai hal sebagai sebuah keluarga dan menjadi lebih kuat di sisi lain,” imbuhnya.

Dalam pernyataannya yang dirilis pada Sabtu, Kerstin mengatakan "Doug dan saya memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami karena berbagai alasan, bertahun-tahun yang lalu. Dia adalah ayah yang baik bagi anak-anak kami, terus menjadi teman baik bagi saya dan saya benar-benar bangga dengan keluarga campuran yang hangat dan suportif yang telah saya bangun bersama, Doug, Kamala, dan saya."

Catatan pengadilan menunjukkan Kerstin Emhoff mengajukan gugatan cerai pada tahun 2009.

Juru bicara tim kampanye Harris menolak berkomentar. 

Sebuah sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada CBS News Harris mengetahui perselingkuhan tersebut sebelum pernikahan mereka.

Hal itu juga diketahui oleh orang-orang dari tim kampanye Biden yang melakukan proses pemeriksaan Wakil Presiden pada tahun 2020.

Harris dan Emhoff bertemu pada tahun 2013 dan menikah pada tahun 2014.