Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap kriteria calon wakil gubernur pendampingnya untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024.

Menurut Anies, pasangan cawagubnya harus punya visi yang sama. Utamanya memiliki perspektif dalam meningkatkan keterjangkauan transportasi umum di Jakarta.

"Ketika kita membangun, kita ingin kota Jakarta menjadi lebih baik. Lalu transportasi umum didorong, ditingkatkan. Itu adalah paradigma. Visinya itu, transportasi umum," kata Anies ditemui di kawasan CFD Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 4 Agustus.

Dengan meningkatkan akses transportasi umum, lanjut Anies, makin banyak masyarakat yang bakal beralih dari penggunaan kendaraan pribadi.

Hasilnya, Jakarta bisa terbebas dari pencemaran udara atas polusi kendaraan bermotor yang belakangan menjadi sorotan. Tingkat kemacetan lalu lintas pun ia yakini bisa berkurang.

"Saya yakin kalau sudah seperti ini tuh, tentu memiliki visi yang sama tentang mengelola kota menjadi kota yang modern, tetapi berpihak pada rakyat kebanyakan. Harus sevisi di situ," jelas Anies.

Jelang pencalonan kepala daerah di Pilkada 2024 ini, mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini mengaku lebih fokus untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Salah satunya lewat kegiatan berolahraga di kawasan CFD Sudirman-Thamrin sekaligus menyapa masyarakat pada hari ini.

"Bertemu dengan beberapa yang menceritakan kondisi sulitnya ekonomi. Sudah lulus tapi sulit cari pekerjaan, sudah magang lama tapi belum berubah menjadi pekerjaan," urai Anies.

Anies pun menyerahkan konstelasi pencalonan gubernur dan wakil gubernur di Jakarta kepada partai politik. Anies mengklaim lebih fokus memperhatikan warga.

"Biarkan proses politik itu berjalan, tapi fokus saya tidak mau bergeser. Fokus saya tentang warga Jakarta," imbuh dia.