Bagikan:

JAKARTA - Serangan udara Israel yang menewaskan pekerja bantuan internasional di Gaza pada April 2024 adalah akibat dari kegagalan operasional yang serius tetapi tidak disengaja, menurut tinjauan pemerintah Australia atas insiden yang dirilis hari ini.

Tiga serangan udara Israel menghantam konvoi kendaraan bantuan yang melakukan perjalanan melalui Gaza pada 1 April, menewaskan tujuh staf World Central Kitchen (WCK), termasuk pemimpin tim Australia Zomi Frankcom.

Warga Palestina dan warga Amerika Serikat, Inggris, dan Polandia juga termasuk di antara mereka yang tewas.

Pembunuhan tersebut menuai kecaman luas dari sekutu-sekutu Israel serta tuduhan dari beberapa pihak soal Israel sengaja menargetkan para pekerja bantuan. Tuduhan ini dibantah Israel.

Dilansir Reuters, Jumat, 2 Agustus, tinjauan Australia terhadap kematian tersebut mengatakan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memutuskan untuk meluncurkan rudal ke konvoi tersebut setelah secara keliru percaya konvoi tersebut dibajak oleh pejuang Hamas, yang sebenarnya adalah penjaga keamanan yang dikontrak secara lokal.

Selain itu, informasi mengenai pergerakan konvoi WCK belum sampai ke tim IDF yang berada di balik serangan tersebut.

Kebingungan ini diperparah karena para pejabat Israel tidak dapat berkomunikasi langsung dengan konvoi bantuan tersebut, tambah tinjauan tersebut.

Staf IDF juga melanggar prosedur standar dengan memerintahkan serangan kedua dan ketiga terhadap konvoi tersebut tanpa melakukan proses identifikasi lainnya.

“Dalam insiden ini, tampaknya kontrol IDF gagal, sehingga menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan dan kesalahan identifikasi, yang kemungkinan diperburuk oleh tingkat bias konfirmasi,” menurut Marsekal Mark Binskin, yang melakukan perjalanan ke Israel untuk menyelidiki kematian tersebut.

“Berdasarkan informasi yang saya peroleh, menurut penilaian saya, serangan IDF terhadap pekerja bantuan WCK tidak disengaja atau disengaja ditujukan terhadap WCK,” imbuhnya.

Investigasi Israel atas kematian tersebut “tepat waktu, tepat dan, dengan beberapa pengecualian, cukup,” katanya.

Binskin mengatakan permintaan maaf dan kompensasi bagi keluarga tersebut merupakan pertimbangan penting bagi Israel, namun tidak merekomendasikan Australia untuk meminta salah satu dari Israel.

IDF telah meminta maaf dan memecat dua komandan senior yang terlibat dalam serangan tersebut. Tiga komandan lainnya secara resmi ditegur. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan serangan itu tidak disengaja dan tragis.

Menteri Luar Negeri Penny Wong mengatakan Australia ingin mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban, termasuk tuntutan pidana jika perlu.

Wong mengatakan dia telah menulis surat kepada rekannya di Israel untuk menyerukan perlindungan yang lebih besar bagi pekerja kemanusiaan.

"Ini bukan insiden yang terisolasi," katanya.

“Kami telah melihat 250 pekerja bantuan tewas dalam konflik ini dan kami juga telah melihat kejadian baru-baru ini di mana kendaraan PBB ditembaki dan jelas bahwa masih banyak yang perlu dilakukan,”  ujarnya.

Keluarga pekerja bantuan yang terbunuh, Frankcom, menyebut peninjauan kembali oleh Australia sebagai langkah pertama yang penting dan mengatakan mereka berharap Israel akan melakukan penyelidikan lebih lanjut yang diikuti dengan tindakan yang tepat.