Bagikan:

JAKARTA – Dalam rangka memperkuat diplomasi militer dan kepentingan bangsa, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memulai kunjungan kerjanya ke Timur Tengah dengan bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA), Letnan Jenderal Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Pertahanan UEA, Abu Dhabi, pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Pada pertemuan itu, Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan kebanggaannya atas kemajuan kerja sama bilateral antara TNI dan Angkatan Bersenjata UEA yang semakin pesat.

Letjen Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei juga menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan Panglima TNI dan berharap kerja sama kedua negara dapat terus ditingkatkan.

“Kami sangat mengharapkan kerja sama dengan TNI dapat terus diperluas. Fokus kami ada pada dua hal, yaitu latihan bersama Angkatan Laut dan kesiapan tenaga kesehatan yang akan membantu di UEA, khususnya untuk korban perang di Gaza,” ujar Letjen Eisa dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat, 2 Agustus.

Agus menambahkan bahwa latihan bersama antara TNI dan militer UEA sangat penting. Delegasi perwira UEA telah meninjau daerah latihan militer di Indonesia, dan Panglima TNI berharap pihak UEA juga dapat memberikan izin bagi TNI untuk melakukan survei lokasi di daerah latihan militer UEA.

“Kunjungan dan kerja sama ini merupakan upaya untuk mempertahankan kemitraan strategis yang telah terjalin baik dengan UEA dan juga akan berdampak positif terhadap kepentingan ekonomi nasional,” pungkas Panglima TNI.