Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani, menjelaskan alasan dirinya tak menghadiri rapat paripurna pada Senin, 29 Juli lalu. Zita mengungkapkan, saat waktu pelaksanaan rapat paripruna, dirinya sedang turun ke daerah pemilihan (dapil) menemui masyarakat.

Sementara, dalam postingan story akun Instagramya, @zitaanjani, ia mengunggah video sedang melakukan pilates pada waktu bersamaan dengan rapat paripurna.

Sebenarnya, kata Zita, kegiatan olahraga itu ia lakukan pada pagi hari sebelum waktu rapat paripuna dimulai. Hanya saja, video tersebut diunggah bertepatan dengan waktu pelaksanaan rapat paripurna.

"Saya itu olahraga setiap hari dari jam 6 sampai jam 8 pagi. Kalau saya olahraga jam 1 siang itu enggak mungkin karena biasanya jam segitu sudah 2-3 agenda selesai. Ada rapat politik, ada saya ketemu konstituen, yang enggak semua saya publish. Jadi yang saya posting bukan di jam saat itu," ungkap Zita di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 1 Agustus.

Zita mengaku dirinya memang tidak mengunggah kegiatan rapat politik dan bertemu masyarakat pada akun media sosialnya. Sebab, ia ingin akun media sosialnya memiliki pembaruan karena sebelumnya selalu mengunggah kegiatan politik selama pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saya kan orangnya apa adanya, saya tuh enggak bisa palsu-palsu. Apa yang saya tampilkan, itulah saya. Tapi enggak semua kegiatan saya tampilkan. Kalau saya suka pilates, memang saya suka. Kalau saya (bermain) tenis, emang saya hobi tenis. Kalau saya buka jilbab, ya memang saya buka jilbab," jelas Zita.

Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ini menegaskan, rapat paripurna sebelumnya hanya beragendakan pemandangan fraksi dan bukan forum pengambilan keputusan. Sehingga, ia merasa ketidakhadiran sebagian pimpinan DPRD diwajarkan.

"Yang hari Senin itu agendanya adalah rapat pandangan umum fraksi-fraksi. Jadi, bukan rapat pengambilan keputusan. Kalau rapat pandangan umum fraksi-fraksi itu memang diperbolehkan, memang sesuatu yang lumrah jika dipimpin hanya salah satu pimpinan," urainya.

Pada Senin, 29 Juli, DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

Rapat paripurna ini juga menghadirkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan jajaran Pemprov DKI. Setelahnya, agenda rapat paripruna dilanjutkan dengan penyampaian jawaban Pj Gubernur atas pemandangan umum fraksi-fraksi mengenai realisasi APBD tahun 2023 tersebut.

Namun, tak semua pimpinan DPRD DKI Jakarta hadir dalam rapat paripurna ini. Kehadiran pimpinan DPRD hanya diwakili Khoirudin sebagai Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PKS dan Misan Samsuri Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat.

Ternyata, di waktu yang sama, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani mengunggah video dirinya melakukan olahraga pilates di gimnasium pada Instagram Story pada akun pribadinya, @zitaanjani.

Selain Zita, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Rany Mauliani juga tak tampak dalam rapat paripurna tersebut.