Bagikan:

JAKARTA - Bandara Leipzig/Halle Jerman untuk sementara menghentikan penerbangan pada Kamis, 1 Agustus, pagi setelah aktivis iklim melakukan aksi mengganggu lapangan terbang.

Lalu lintas udara di bandara di Jerman timur terhenti selama tiga jam, sehingga mempengaruhi lalu lintas kargo, kata pihak bandara dalam pernyataan.

Dilansir Reuters, aktivis Last Generation mengatakan mereka memasuki area bandara sekitar tengah malam, tanpa menjelaskan secara spesifik bagaimana mereka bisa masuk.

Aktivis menyerukan pemerintah Jerman agar mencapai kesepakatan global untuk menghentikan produksi minyak, gas, dan batu bara pada tahun 2030.

Kelompok ini telah mendata beberapa negara di Eropa dan Amerika Utara yang akan jadi sasaran kampanye protes yang dimulai bulan lalu.

Pekan lalu, tindakan mereka memaksa dua bandara di Jerman menghentikan sementara lalu lintas udara.

Sementara itu, politikus Jerman menuntut perlindungan yang lebih baik bagi bandara-bandara di negara tersebut setelah para aktivis iklim berhasil membobol pagar dan mengganggu lalu lintas udara, termasuk di bandara tersibuk di negara itu, Frankfurt, selama dua hari berturut-turut pada pekan lalu.