Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani, memimpin rapat paripurna dengan agenda penyampaian pidato Pj Gubernur DKI Jakarta terhadap Raperda tentang RTRW Tahun 2024-2044 dan Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2025-2045 pada hari ini.

Zita menjadi pemimpin rapat setelah sebelumnya bolos pada rapat paripurna beberapa hari lalu dengan agendan pembacaan pemandangan fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2023.

Saat itu, Zita tak menghadiri rapat paripurna dan lebih memilih berolahraga pilates dan makan kue. Kegiatan ini dipamerkan Zita di akun Istagramnya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim rapat paripurna ini saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," ungkap Zita saat membuka rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 1 Agustus.

Sebelum rapat paripurna ditutup, anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim menyatakan interupsi. Dalam interupsinya, Lukmanul meminta Zita menjelaskan alasan dirinya tak menghadiri rapat paripurna pada Senin, 29 Juli lalu.

"Khusus ditujukan kepada waka pimpinan Zita Anjani yang beberapa hari belakangan ini viral soal tidak hadir paripurna. Konon katanya pilates. Tolong dong, dijelasin di sini biar enggak ada kekeliruan," ungkap Lukmanul.

Putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ini pun mulai menjelaskan alasannya. Menurut Zita, rapat paripurna sebelumnya hanya beragendakan pemandangan fraksi dan bukan forum pengambilan keputusan. Sehingga, ia merasa ketidakhadiran sebagian pimpinan DPRD diwajarkan.

"Kebetulan Senin kemarin bukan jadwal saya memimpin rapat sehingga saya tidak hadir dan melakukan aktivitas kedewanan, aktivitas politik, dan aktivitas lainnya," jelas Zita.

Sebelum Zita mengakhiri ucapannya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Inggard Joshua meminta Zita menyudahi klarifikasinya. Sebab, ia menilai, rapat paripurna tak bisa dicampurkan dengan forum pribadi.

"Pak Ketua (DPRD DKI Jakarta) mohon interupsi, ini bukan forum pribadi. Tolong segera disetop dan diselesaikan dulu acara utamanya," ucap Inggard.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi pun meminta Zita segera melanjutkan agenda rapat paripurna pada hari ini.

Pada Senin, 29 Juli, DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

Rapat paripurna ini juga menghadirkan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan jajaran Pemprov DKI. Setelahnya, agenda rapat paripruna dilanjutkan dengan penyampaian jawaban Pj Gubernur atas pemandangan umum fraksi-fraksi mengenai realisasi APBD tahun 2023 tersebut.

Namun, tak semua pimpinan DPRD DKI Jakarta hadir dalam rapat paripurna ini. Kehadiran pimpinan DPRD hanya diwakili Khoirudin sebagai Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PKS dan Misan Samsuri Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat.

Ternyata, di waktu yang sama, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani asyik melakukan olahraga pilates di gimnasium. Hal ini terungkap dari unggahan Instagram Story pada akun pribadinya, @zitaanjani.

Setelah pilates, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu juga mengunggah dirinya sedang santai makan kue di yang menurutnya enak.

Selain Zita, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Rany Mauliani juga tak tampak dalam rapat paripurna tersebut.