Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan dirinya tak akan maju dalam Pilgub Jawa Barat tahun ini.

"Karena waktunya sudah tidak memungkinkan, saya tidak ikut kontestasi di Jawa Barat," kata Sandiaga saat menghadiri Mukernas Perindo, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli.

Sandiaga mengaku kurang pede dirinya bisa bersaing dalam kontestasi Pilkada 2024 di Jawa Barat. Sebab, menurutnya kepala daerah di Jawa Barat harus memiliki pemahaman yang mendalam untuk membangun provinsi tersebut.

Apalagi bursa calon Gubernur Jawa Barat saat ini sudah diisi oleh banyak nama, termasuk petahana (incumbent) yakni Ridwan Kamil yang pernah memimpin Jawa Barat periode 2018-2023.

"Para incumbent yang sudah lama membina dan beraktivitas secara elektoral di Jawa Barat yang memiliki peluang yang lebih tinggi dan jauh lebih dimungkinkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di Jawa Barat," urai Sandiaga.

Mulanya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sempat melirik Sandiaga Uno untuk diusung dalam Pilgub Jabar. Namun, kini PKB melihat elektabilitas politikus PPP itu masih rendah.

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono menyebut Sandiaga Uno memang belum menunjukkan ketertarikan untuk maju sebagai calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada 2024.

Sandiaga, diakui Mardiono, pun belum pernah melapor kepada PPP untuk membahas Pilgub.

"Sampai saat ini Pak Sandi belum pernah berkomunikasi dengan kami semua untuk ada minat atau interest untuk mencalonkan gubernur, ya. Itu belum pernah ada," kata Mardiono di Jakarta Convention Center, Selasa, 23 Juli.