Bagikan:

JAKARTA - DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan dukungan untuk tiga pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur (cagub-cawagub), serta 13 bakal calon kepala daerah (cakada) tingkat kabupaten/kota di Pilkada 2024.

Dalam daftar nama 16 bakal cagub-cawagub yang didukung PSI, ada pasangan Lalu Muhammad Iqbal-Dinda Dhamayanti Putri yang maju Pilkada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024.

Dalam acara itu, Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep langsung menyerahkan surat rekomendasi partai ke Iqbal yang juga eks Duta Besar RI untuk Turki dan lama berkarier sebagai diplomat di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Ini berarti Iqbal telah mengantongi dukungan PAN, PPP, Gerindra, dan PSI dalam mengarungi Pilkada NTB 2024.

Pasangan Iqbal-Dinda bakal bertarung melawan petahana Zulfkieflimansyah bersama pasangannya Suhaili Fadhil Thohir. Keduanya telah mengantongi dukungan dari Partai Demokrat.

Masih dalam acara yang sama, Kaesang juga menyerahkan surat rekomendasi partai ke dua pasangan bakal cagub-cawagub. Kedua pasangan itu adalah Rudy Mas’ud-Seno Aji untuk Pilkada Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dan Romi Haryanto-Saniatul Lativa untuk Pilkada Provinsi Jambi.

Sementara itu, 13 calon kepala daerah tingkat kabupaten/kota yang juga resmi didukung PSI hari ini, yaitu Muhamad Marasabessy (Kabupaten Maluku Tengah), Rusihan Jafar (Kabupaten Halmahera Selatan), Steward Leopold Luis Soentpiet (Kabupaten Halmahera Utara), pasangan Peniel Waker-Saulinus Murib (Kabupaten Puncak), Melky Jakhin Pangemanan (Kabupaten Minahasa Utara), Ever Dowansiba (Kabupaten Pegunungan Arfak), pasangan Budi Rustandi-Nur Agis Aulia (Kota Serang), pasangan Helldy Agustian-Alawi Mahmud (Kota Cilegon), pasangan Hermus Indou-Mugiyono (Kabupaten Manokwari), Asluchul Alif (Kabupaten Gresik).

Kemudian, ada juga pasangan Marsul Kasmy-Basiran (Kabupaten Meranti), pasangan Pancani Gandrung-Raran (Kabupaten Barito Timur), dan pasangan Hanok Herison Pegiai-Hengki Kudiai (Kabupaten Paniai).