Bagikan:

SOLO - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memastikan pemerintah akan mengembangkan ruang terbuka hijau (RTH) di berbagai daerah di Indonesia, seperti halnya di Taman Balekambang.

"Ke depan, pembangunan infrastruktur hijau serupa perlu terus dipicu di berbagai kota di Indonesia," katanya usai peresmian penataan Taman Balekambang di Solo, Jawa Tengah, dilansir dari Antara, Kamis, 25 Juli.

Meski demikian, kata dia, upaya tersebut memerlukan perencanaan dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

Untuk mengakselerasi pertumbuhan infrastruktur hijau, kemitraan antara pemerintah dan swasta juga perlu terus ditingkatkan dalam proses pembangunan dan pengelolaannya.

"Prinsipnya pemerintah akan terus mengembangkan seperti ini di mana-mana. Seperti ini di kota kan jarang, dengan luas 12,8 ha itu luar biasa," katanya.

Ia juga mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah menata Taman Balekambang dengan tetap mempertahankan kekayaan di dalamnya.

"Masih terjaga pohon-pohon yang usianya sudah ratusan tahun. Saya dengar ini dulu juga tempat untuk Srimulat ya," katanya.

Selain itu, ia senang karena konsep berwisata di Taman Balekambang juga masih tetap dipertahankan, yakni bisa membawa tikar dan makanan dari rumah untuk kemudian dinikmati di dalam kawasan Taman Balekambang.

"Jadi rekreasi masyarakat ini dipertahankan dengan cara lama," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur Provinsi Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan kehadiran Wakil Presiden RI pada hari ini memberikan semangat dan motivasi bagi pemerintah daerah untuk menata dan menjaga cagar budaya di Jawa Tengah agar tetap lestari.

"Penataan kawasan Taman Balekambang ini adalah upaya pemerintah melaksanakan usaha perlindungan kawasan cagar budaya dan peningkatan sarana tata ruang terbuka hijau," katanya.

Ia juga berharap keberadaan Taman Balekambang dapat menjadi sarana edukasi masyarakat.