Bagikan:

TAWAU - Komandan Resort Militer (Danrem) 092 Maharalila, Kalimantan Utara (Kaltara) Brigjen Adek Chandra Kurniawan menggelar pertemuan bersama Panglima Briged 5 Infantri  Tentera Darat Malaysia (TDM) Brigjen Mohd Zamri Bin Abdullah di Kem Kabota 7 RAMD, Tawau, Sabah (Malaysia).

Pertemuan bilateral militer kedua negara ini membahas Unit Commander Meeting (UCM) Malaysia-Indonesia atau Malindo Seri I/2024.

Danrem 092/Maharajalila, Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan mengatakan, agenda pertemuan delegasi militer kedua negara membahas hasil pelaksanaan Patkor UCM Seri I/2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-29 Februari 2024 lalu yang bermula dari pos Serudong (Malaysia) dan berakhir di Pos Simanggaris, Nunukan.

"Kemudian pelaksanaan UCM Seri I/2024 telah dilaksanakan pada tanggal 23-26 Juli 2024 di Wisma Kem Kubota, Tawau Sabah Malaysia. Rencananya UCM akan dilanjutkan Seri II/2024 pada 17-20 November 2024 di Tanjung Selor,Bulungan, Kaltara," kata Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan sekaligus menjabat  Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 092/Maharajalila, Rabu, 24 Juli.

Patroli bersama atau Patkor Seri II/2024 yang digelar pada 4-10 November mendatang dimulai dari Pos Gabma Simanggaris dan berakhir di Pos Serudong.

"Pelaksanaan kegiatan Patkor ini disepakati dilaksanakan 2 kali setahun," kata dia..

"Kemudian pelaksanaan kegiatan lawatan dan program Sosial pasukan yang bertugas di Sempadan akan dinaikkan ke Tim Perancang Oprasi Darat (TPOD) Malaysia - Indonesia," lanjut dia.

Selain itu, kegiatan lawatan dan program Sosial bagi pasukan yang berhampiran kawasan sempadan akan dinaikkan ke TPOD.

"Terkait pengawasan patok perbatasan kedua negara sejauh ini cukup aman dan tidak ada patok batas negara yang bergeser," tegas Danrem.

Peelaksanaan lawatan kedua delegasi ini akan berlanjut dengan kegiatan berbeda.

"Selain itu, juga akan dilakukan penukaran status Pos Gabma di mana Pos Luis dijadikan sebagai Pos Gabma dan Pos Seli dijadikan Pos Biasa dikarenakan Pos Luis berhampiran dengan Pos Gabma Simanggaris dan terdapat Pelintas batas di antara Pos Tersebut," ujar Dandrem.

Sementara itu, Plh Kapenrem 092 Maharalila, Kapten Chk, Supriadi menerangkan, kunjungan Danrem sekaligus Dankolakops Korem 092/Maharajalila didampingi sejumlah pejabat Korem diantaranya Kasi Intel, Kasiops, Kasipers, Kasiter, Kasiren,Dandim 0903/Bulungan, Dansatgaster Dim 0911/Nnk dan Dansatgas Pamtas Yon Arh 8/Mbc serta ILO Tawau, Malaysia.

"Kunjungan kerja ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh TPOD Indonesia-Malaysia sekaligus meningkatkan hubungan bilateral antara TNI - AD dan Tentera Darat Malaysia khususnya menjaga kawasan perbatasan kedua negara," pungkasnya.