Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap menunggu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mendeklarasikan secara resmi Anies Baswedan maju di Pilgub Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri menanggapi sikap PKB yang belum deklarasi lantaran Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman yang didorong sebagai calon wakil gubernur (cawagub).  

"PKS siap menunggu sikap DPP PKB," ujar Mabruri, saat dihubungi, Rabu, 24 Juli.

Menurut Mabruri, butuh kesabaran dalam membangun koalisi. Sebab kata dia, kesabaran akan menghasilkan kemenangan.

"Kami yakin PKB akan memutuskan yang terbaik," katanya.

Diketahui, DPP PKB hingga kini belum menentukan sikap terkait Pilkada Jakarta 2024. Meskipun DPW PKB Jakarta sudah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda mengungkapkan, alasan DPP belum menentukan sikap karena adanya sejumlah pertimbangan. Salah satunya siapa cawagub Anies.

"Tentu ada aspek pertimbangan menang, karena dalam kompetisi Pilkada kalau kita mau mensejahterakan rakyat harus punya figur yang komit untuk perjuangan kesejahteraan rakyat," ujar Huda di JCC, Jakarta, Selasa, 23 Juli.

Kemudian terkait hasil survei Anies di Jakarta, kata dia, juga menjadi salah satu faktor belum menentukan pilihan.

"(Survei, red) Menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan kuat," ucapnya.

Pertimbangan lainnya karena PKS yang memasangkan Sohibul Iman dengan Anies.

"Itu sebagian saja (PKS sodorkan Sohibul Iman), tapi prinsipnya kita akan menghormati keputusan temen-temen DPW DKI Jakarta," tegasnya.