Bagikan:

JAKARTA - PT Transjakarta mengalihkan sejumlah rute bus pada koridor 1 (Blok M - Kota), Koridor 3 (Kalideres - Monumen Nasional via Veteran) dan rute 5C (Cililitan - Juanda).

"Penyesuaian layanan ini dilakukan karena adanya aksi penyampaian pendapat di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dan sekitarnya," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Wibowo dalam keterangannya, Senin, 22 Juli.

Pada Koridor 1 (Blok M- Kota), Halte Monumen Nasional arah Kota dan Halte Kebon Sirih arah Kota untuk sementara tidak melayani pelanggan. Sedangkan arah sebaliknya (Kota arah Blok M) beroperasi normal.

Pengalihan rute pada arah Kota yakni Halte Blok M - Halte Sarinah - Jalan Kebon Sirih - Hotel Millenium - Jalan Fachrudin - Jalan Cideng Barat - Halte Petojo - Halte Harmoni - Kota.

Koridor 3 (Kalideres - Monumen Nasional Via Veteran) mengalami pengalihan menjadi Kalideres - Juanda. Serta Halte Monumen Nasional dikedua arah untuk sementara waktu tidak melayani pelanggan.

Bentuk pengalihan rute yang dilakukan untuk arah Kalideres yakni Halte Petojo - langsung Halte Pecenongan - Halte Juanda - Kalideres.

Kemudian, pada Rute 5C (Cililitan- Juanda), Halte Balaikota arah Monas dan Halte Monumen Nasional arah Cililitan untuk sementara tidak melayani pelanggan.

Bentuk pengalihan rute pada Arah Juanda yakni Halte Cililitan - Halte Pal Putih - Halte kwitang - Tugu Tani - Halte Gambir 1 - Istiqlal - Juanda - Pecenongan putar balik ke Juanda.

Sementara, pada arah Cililitan, pengalihan dimulai dari Pecenongan putar balik - Halte Juanda - Halte Budi Utomo - mengarah ke Cililitan.

Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan 1.231 personel gabungan dalam mengamankan aksi unjukrasa sejumlah elemen masyarakat di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

"Untuk pengamanan aksi elemen masyarakat di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 1.231 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi

Nantinya para personel akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Bundaran Patung Kuda Monas hingga depan Istana Negara. Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk mencegah massa aksi masuk ke dalam Istana Negara.

Sedangkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain bersifat situasional. Kombes Susatyo menyebut, rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika situasi di lapangan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke jalan Merdeka Barat akan dialihkan," katanya.