Ada Demo di Patung Kuda, Tiga Layanan Transjakarta Disetop-7 Rute Dimodifikasi
Ilustrasi/DOK. VOI-Irfan Meidianto

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta menghentikan tiga Koridor Transjakarta pada hari ini terkait aksi unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi menyampaikan, pemberhentian beberapa operasional layanan Transjakarta ini dilakukan mengingat mulai padatnya masa di sekitar lokasi. 

"Sehubungan dengan adanya kegiatan unjuk rasa yang digelar hari ini disekitar Patung Kuda, Monas dan sekitarnya. Oleh sebab itu, beberapa layanan Transjakarta dihentikan sementara," kata Prasetia dalam keterangannya, Selasa, 20 Oktober.

Tiga layanan Transjakarta terkini yang operasionalnya dihentikan untuk sementara adalah Koridor 3 (Kalideres – Pasar Baru), Koridor 8 (Lebak Bulus Harmoni), dan Rute 8A (Harmoni – Grogol).

Selain tiga rute bus yang dihentikan operasionalnya, Transjakarta juga memodifikasi sejumlah rute. Layanan akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif serta dapat dilintasi armada bus. 

"Transjakarta juga bekerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional Transjakarta hari ini," ujar Prasetia.

Berikut adalah sejumlah rute Transjakarta yang mengalami modifikasi: 

1. Koridor 1 Transjakarta

Halte dari Blok M menuju Sarinah berlangsung normal. Lalu, pengalihan mulai dari Sarinah - lampu merah Sarinah - lampu merah Bank Indonesia keluar jalur belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Hotel Milenium belok kiri - Jalan Fachrudin belok kanan - Jati Baru lurus - Jalan Cideng Barat - lampu merah Tarakan belok kanan - Halte Petojo - lampu merah Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota. 

Pada koridor 1 arah sebaliknya, bus berangkat dari Halte Kota - Harmoni - lampu merah Harmoni belok kanan - lurus arah Tomang - Halte Petojo keluar jalur - lampu merah Tarakan belok kiri - Jalan Cideng Timur - Jalan Jati Baru belok kiri - Hotel Tugu Asri - lampu merah Hotel Milenium  - Jalan Kebon Sirih - lampu merah Bank Indonesia belok kanan - Halte Sarinah - Blok M.

Halte yang tidak melayani pada koridor 1 adalah Halte Monas dan Halte Bank Indonesia (BI).

2. Rute 6A dengan rute Ragunan - Monas via Kuningan dan Rute 6B dengan rute Ragunan - Monas via Semanggi

Mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari. Halte yang tidak melayani di koridor 6A dan 6B adalah Halte Bundaran HI, Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

2. Rute 1A dengan rute PIK - Balaikota.

Mengalami perpendekan rute menjadi PIK - Kota. Halte yang tidak melayani dalam rute ini adalah Halte Glodok, Olimo, Mangga Besar, Sawah Besar, Harmoni, Monas, dan Bus Stop Balaikota.

3. Rute 5C dengan rute PGC 1 - Harmoni

Mengalami pengalihan rute dan untuk sementara tidak melewati Halte Juanda dan Halte Pecenongan

4. Koridor 2 dengan rute Pulogadung - Harmoni

Arah Pulogadung mengalami pengalihan rute. Sementara, Arah Harmoni untuk sementara tidak melewati Halte Atrium sampai dengan Halte Pecenongan. 

5. Arah PGC 1

Untuk sementara tidak melewati Halte Pasar Baru. 

6. Rute 8A dengan rute Grogol 2 - Juanda

Mengalami perpendekan rute menjadi Grogol 2 – Harmoni. 

7. Koridor 3 dengan rute Kalideres - Pasar Baru

 

Mengalami perpendekan rute menjadi Kalideres – Harmoni