Bagikan:

JAKARTA - Donald Trump akan mengadakan kampanye pertamanya sejak ia lolos dari upaya pembunuhan satu pekan yang lalu. Trump baru saja menyelesaikan konvensi pencalonannya di Pilpres Amerika Serikat (AS) yang dikukuhkan Partai Republik.

Dilansir Reuters, Trump akan hadir di Grand Rapids, di negara bagian Michigan, bersama dengan wakil presiden barunya, Senator AS dari Ohio, J.D. Vance pada Sabtu, 20 Juli.

Ini akan menjadi acara kampanye bersama pertama mereka sebagai calon presiden resmi dari Partai Republik.

Para pejabat Partai Republik mengatakan pada konvensi pencalonan Trump di Milwaukee, pengalaman Trump menghadapi kematian pada Sabtu, 13 Juli lalu telah mengubah dirinya.

Ketika Trump menyampaikan pidato di Konvensi Partai Republik pada Kamis malam, dia akan menyerukan persatuan nasional.

Meskipun Trump memulai pidatonya dengan seruan untuk persatuan dan pemulihan nasional, sebagian besar pidatonya berisi keluhan dan serangan terhadap lawan-lawannya.

Trump dan Vance akan tampil di Grand Rapids dengan Partai Republik bersatu di belakang mereka setelah konvensi pencalonan pekan ini.

Sebaliknya, Partai Demokrat berada dalam kekacauan dan tidak ada kepastian lagi bahwa Presiden Joe Biden akan menjadi calon dari Partai Demokrat yang akan menghadapi Trump pada pemilu 5 November.

Biden menghadapi seruan dari elite Partai Demokrat  untuk mengundurkan diri sebagai kandidat presiden dari partai tersebut dan mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali.

Biden tertinggal dalam jajak pendapat dan tertinggal di setiap negara bagian yang menentang Trump.

Banyak anggota Partai Demokrat khawatir Trump tidak punya jalan menuju kemenangan dan partai tersebut membutuhkan calon presiden baru untuk melawan Trump.