Bagikan:

JAKARTA - Pakistan menangkap seorang pemimpin Al-Qaeda, Amin ul Haq, yang masuk dalam daftar sanksi PBB. Amin ul Haq disebut-sebut sebagai rekan dekat Osama Bin Laden, dalang serangan 9/11 di Amerika Serikat (AS).

Penangkapan  pemimpin Al-Qaeda pertama di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir terjadi ketika departemen kontra-terorisme (CTD) di provinsi terpadat di Punjab mendaftarkan kasus hukum terhadap Haq, menuduhnya berencana menyabotase instalasi-instalasi penting di sana.

Pernyataan itu tidak mengidentifikasi rencana pasti atau instalasinya.

“Dalam sebuah terobosan signifikan dalam perang melawan terorisme, CTD, bekerja sama dengan badan-badan intelijen, berhasil menangkap Amin ul Haq, seorang pemimpin senior Al-Qaeda,” kata juru bicara departemen tersebut dalam pernyataannya dilansir Reuters, Jumat, 19 Juli.

“Namanya termasuk dalam daftar teroris PBB,” imbuhnya.

Kementerian dalam negeri (dalam negeri) Pakistan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dalam daftar yang tertanggal Januari 2001, panel sanksi PBB terhadap ISIL (Da'esh) dan Al-Qaeda mengidentifikasi pria yang ditangkap sebagai Amin Muhammad ul Haq Saam Khan, dan menyebutnya sebagai koordinator keamanan bin Laden.

Dia termasuk dalam daftar tersebut karena hubungannya dengan kelompok Al-Qaeda bin Laden atau Taliban, yang berkontribusi atau mendukung kegiatan seperti "memasok, menjual atau mentransfer senjata dan perlengkapan terkait" kepada mereka, kata panel tersebut.