Bagikan:

JAKARTA - Semua penerbangan dari beberapa maskapai besar AS – termasuk Delta, United dan American Airlines – dihentikan pada Jumat pagi karena masalah komunikasi, menurut Administrasi Penerbangan Federal (FAA).

Penghentian ini berdampak pada semua penerbangan dari maskapai penerbangan. Tidak jelas berapa lama penghentian ini akan berlangsung.

Dilansir CNN, Jumat, 19 Juli, larangan terbang terjadi setelah  Microsoft down yang menyebabkan Frontier Airlines terhenti selama berjam-jam pada Kamis – meskipun penghentian sementara untuk maskapai-maskapai tersebut telah dicabut.

Sebelumnya pada Kamis, Frontier mengatakan sistemnya terkena dampak itu, dan menawarkan pengembalian uang kepada penumpang yang merasa tidak nyaman.

Pesaing lainnya termasuk Allegiant dan SunCountry juga mengatakan mereka mengalami kesulitan, termasuk dalam fungsi pemesanan, check-in, dan pengelolaan perjalanan secara online.

FAA juga mengumumkan pada Jumat pagi semua penerbangan Allegiant akan dihentikan.

Di situs laporan status perangkat lunak cloud Azure, Microsoft mengatakan bahwa layanan terhenti untuk beberapa pelanggan di Amerika Serikat bagian tengah sekitar jam 6 sore. ET, “termasuk kegagalan dalam operasi manajemen layanan dan konektivitas atau ketersediaan layanan.”

Perusahaan mengatakan telah menentukan penyebabnya dan berupaya memperbaikinya.

Sejumlah maskapai penerbangan internasional juga melaporkan gangguan teknologi pada hari Jumat, termasuk Virgin Australia dan Qantas, serta bandara di seluruh Eropa dan Asia-Pasifik.