Bagikan:

JAKARTA - PKB memastikan mengusung Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf, sebagai calon gubernur Jawa Tengah 2024. Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, surat rekomendasi untuk Gus Yusuf tinggal diteken Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). 

"Di Jateng Gus Yusuf, kita dorong untuk jadi gubernur. Kalau Gus Yusuf kan pengurus partai, ketua DPW, nanti biar ditulis sendiri. Kalau Gus Yusuf kan di sana, rekomendasi itu kan ada di tingkat wilayah, ada DPP, keputusan akhir semua rekomendasi ada di DPP," ujar Jazilul, Rabu, 17 Juli. 

Jazilul mengatakan, PKB sudah membangun komunikasi dengan PKS dan Demokrat untuk mengusung Gus Yusuf. Soal cawagub, kata dia, masih mencocokan dengan partai koalisi. 

"Kemarin juga sudah komunikasi dengan PKS dengan partai partai yang lain, dengan Demokrat. (Duetnya) Belum, masih kita cocok cocokan," katanya.

Jazilul mengungkapkan, PKB tidak mengeluarkan surat rekomendasi Pilkada secara serentak. Jika sudah ada cagub yang akan diusung, kata dia, namanya langsung diumumkan DPP.

"Ndak ada aturan tanggal, yang jelas penyaringan dari bawah, nanti DPP menggodok dan sekaligus berkomunikasi dengan partai partai yang lain," kata Jazilul. 

"Nah khusus Jawa Tengah ini sudah mulai ada pengerucutan ke Gus Yusuf cuma partai koalisinya apa saja, wakilnya siapa nanti ditentukan ketika sudah koalisi ini mengkristal dan punya tekad yang sama untuk maju," pungkasnya.